Tuesday, January 22, 2013

HATI-HATI DENGAN AIR HUJAN

Selama ini kondisi mata saya sudah normal. Meskipun pernah didiagnosis menderita glaukoma, alhamdulillah berkat radix vitae derita sakit yang pernah saya alami tidak terjadi lagi. Dalam posting terdahulu saya pernah mengatakan bahwa sinar matahari, rokok, kopi, alkohol, dan obat-obatan yang dijual bebas sangat berbahaya terhadap glaukoma. Baru-baru ini saya menemukan satu hal lagi yang menimbulkan efek kurang baik terhadap mata, yaitu air hujan.

Beberapa kali terkena air hujan mata saya terasa cekot-cekot seperti keluhan awal saat pertama kali menderita glaukoma. Awalnya saya tidak mengira bahwa hal itu disebabkan oleh air hujan. Tetapi setelah mempelajari beberapa kali, ternyata keluhan saya itu terjadi setelah mata terkena air hujan.

Melalui tulisan ini saya ingin memperingatkan kepada para penderita penyakit mata agar hati-hati terhadap paparan air hujan. Khususnya bagi penderita glaukoma. Selain itu, Anda juga harus hati-hati terhadap berbagai pantangan yang telah saya sebutkan di atas.

Sebenarnya banyak sekali penderita glaukoma yang telah tertolong berkat radix vitae, namun karena keterbatasan kesempatan, saya belum bisa menceritakan testimoni para penderita glaukoma yang sudah tertolong. Sampaikan kabar bahagia ini kepada orang lain. Agar para penderita glaukoma yang lain juga bisa tertolong. Jangan sampai terlambat.