Saturday, April 9, 2011

MENGATASI FLOATERS PADA MATA

Untuk mengatasi permasalahan floaters, saran awal adalah perbaikan gaya hidup.Caranya dengan lebih menghindari kelelahan mata.

Istirahatkan mata setiap habis fokus depan komputer atau baca buku.

Rumusnya adalah:
1. Setiap 20 menit mata fokus bekerja,  selingi dengan melihat lebih dari 6 meter selama 20 detik , atau
2. Setiap 60 menit mata fokus bekerja,  selingi dengan melihat lebih 6 meter selama 60 detik.

Orang dengan miopia ( kaca mata minus ) tinggi sangat sulit untuk menghilangkan floaters yang terjadi karena itu terjadi akibat bola mata penderita miop tinggi cukup panjang sehingga vitreus teregang dan terinfiltrasi oleh cairan.

Ini sedikit tips dari saya:
1. istirahatkan mata sesuai rumus diatas
2. cek ulang kaca mata
3.konsumsi antioksidan alami setiap hari yang alami, bikin jus sayuran atau buah yg mengandung vit A, C,E dan B compleks 2x sehari diminumnya
4. jangan tidur larut malam dan istirahatkan mata dengan cukup


Obat mujarab..setahu saya belum ada..modifikasi pola hidup+ antioksidan tetap anjuran utama..apabila muncul kilatan2 cahaya diujung mata..segera konsul ke dokter mata…di beberapa negara atau center dengan fasilitas kesehatan mata cukup maju…bila floaters berlanjut dan semakin mengganggu sering disarankan operasi. Sembuhnya floaters tidak bisa langsung tapi gradual karena butuh waktu untuk memproduksi vitreus dan mengganti yg rusak.


Oleh : dr. Cosmos Mangunsong Sp.M
KLINIK DOKTER KELUARGA
FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS INDONESIA

2 comments:

  1. sudah 3 minggu lebih mata saya terganggu dengan floaters, butuh waktu berapa lama si floaters itu hilang...? apa ada obat khusus untuk menghilangkan nya? Trmksh..

    ReplyDelete
  2. Terima Kasih tipsnya untuk kesehatan mata.

    ReplyDelete