Monday, March 2, 2009

Glaukoma sembuh berkat Tetes mata radix vitae

Ini posting percobaan untuk blog saya. Saya mengucapkan terima kasih kepada Bapak Heinrich Melcher yang telah menemukan obat mujarab untuk mengobati penyakit mata saya.

Ada beberapa penyakit mata yang sudah terbukti bisa disembuhkan oleh obat tetes mata radix vitae ini. Tapi untuk sekedar menyebut radix vitae saja ada yang salah radik vitae, tapi ada juga yang nyebut radix vite, atau radiks vitae. Memang obat tetes mata radix vitae ini belum begitu populer barangkali. Padahal obat ini ditemukan pertama kali pada tahun 2002. Sudah lama kan? Kalau dulu masih disebut radix vitae papua. Karena asalnya memang dari papua.

Saya penderita glaukoma, tapi alhamdulillah sekarang sudah sembuh. Ya berkat radix vitae ini. Tapi saya juga awalnya tidak tahu glaukoma itu apa. tulisannya pun kadang masih simpang siur. ada yang nulis glaukoma, ada yang nulis glucome, glaucome, glukoma, glucoma, gloukoma, gloucoma, gloucome. Tapi apapun dan bagaimana pun tulisannya penyakitnya sama. Membuat kita nggak tahan.

Ada juga penyakit katarak. Tulisannya juga macam-macam. katarax, katarak, khatarak, khatarax.

Selain bisa menyembuhkan katarak, tetes mata radix vitae juga bisa menyembuhkan astigmatis atau astigmatimus, astigmatis, astikmatis, astikmatimus, atau istilah Indonesianya silinder atau silindris, cilindris.

Selain itu bisa juga menyembuhkan miopia, myopia, miopy, mayopy, mayopi, atau mata min, mata minus, mines.
]
Penyakit mata plus, mata ples, mata plus, mata hyperopie, hipermetropia, hyperopye, hyperopie., bisa juga pterigium, pterygium, pterigyum

Demikian berbagai penyakit mata yang bisa disembuhkan oleh obat tetes mata radix vitae ini. Kadang orang bingung nulis di internet. Berbagai kesalahan penulisan itu saya sebutkan di tulisan ini. Harapan saya, bagaimana pun salahnya Anda nulis, Anda akan tetap menemukan informasi berharga di blog ini.

Berikut ini saya kopi-kan tanya jawab dengan beberapa dokter spesialis mata di Rumah Sakit Mata Dr. Yap Jogja. Saya menilai berbagai informasi yang diperikan para dokter ini sangat bermanfaat bagi para penderita sakit mata.

glaukoma akut
written by susi, October 02, 2007
bpk saya terkena glaukoma akut ciri2nya sama diatas, skg dirawat di RS, bsk akan di operasi, yg saya tanyakan, setelah di operasi apa tdk akan kambuh lagi? & gimana dgn penglihatannya ada perkembangan apa tdk?
Glaukoma Akut
written by dr. Nurfifi Arliani, SpM, October 04, 2007
Hallo Susi.
Kami ikut prihatin atas keadaan bapak anda. Pada glaukoma akut biasanya terjadi penutupan sudut bilik mata depan sehingga cairan didalam bola mata tidak dapat mengalir keluar sampai pembuluh balik dibawah konjungtiva, hal ini menyebabkan tertimbunnya cairan tersebut didalam bolamata dan tekanan bolamata menjadi naik. Bila dilakukan tindakan dengan segera yakni menurunkan tekanan dengan cepat, kemudian dilakukan operasi untuk membuat saluran cairan dalam bolamata ke pembuluh subkonjungtiva (trabekulektomi), maka biasanya penglihatan dapat pulih kembali meskipun kadang2 tidak 100%. Kekambuhan setelah operasi tergantung pada apakah saluran yang dibuat tetap terbuka atau menutup karena terjadi jaringan ikat yang menutup saluran tersebut. Demikian jawaban kami, semoga puas.
Salam,
dr. Nurfifi A, SpM.

GLAUKOMA
written by ADE, October 27, 2007
Bapak saya mengalami kebutaan, sering mengeluh pusing, mual - bahkan pernah pingsan. Pernah periksa kedokter katanya glaukoma dan sudah tidak bisa disembuhkan dengan cara apapun (operasi ataupun terapi).
yang ingin saya tanyakan :
1. Apa kondisi tersebut bisa mengakibatkan kematian?
2. Bagaimana cara penanganan darurat pusing yang sering kambuh?
3. Apa benar glaukoma disa disebabkan karna banyak begadang?
4. Apakah glaukoma termasuk penyakit menurun?
5. Apakah bisa disebabkan dari jenis makanan yang dikonsumsi?
6. Bagaimana cara mendeteksi penyakit secara dini?
7. Adakah perawatan - untuk mencegah penyakit glaukoma ?

jawaban Ade
written by dr.Nurfifi Arliani,SpM, November 10, 2007
Hallo Ade.
Saya ikut prihatin akan keadaan bapak anda.
1. Penyakit glaukoma tidak akan menyebabkan kematian.
2. Pusing disebabkan karena tekanan didalam bolamata yang sangat tinggi (bolamata terlalu keras)sehingga supaya tidak pusing harus diturunkan tekanan dalam bolamata dengan obat tetes maupun minum, apabila tidak berespon, maka sebaiknya dioperasi..
3. Glaukoma tidak disebabkan karena banyak begadang. Tetapi orang yang menderita glaukoma jangan begadang karena akan memperparah kondisinya.
4. Ya glaukoma termasuk penyakit menurun.
5. Makanan jarang mengakibatkan glaukoma, namun obat-obat tertentu dapat memberikan efek samping timbulnya glaukoma.
6. Bila anda punya riwayat keturunan glaukoma, atau anda memakai kacamata minus lebih dari 3 Dioptri, periksakan ke dokter mata setahun sekali.
7. Bila anda tidak punya riwayat keturunan dan tidak memakai kacamata minus tebal, jangan kuatir terjadi glaukoma, asal mata anda dijaga dari kebiasaan yang kurang baik.
Demikian jawaban kami, semoga puas.
Salam.
dr. Nurfifi,A,SpM.

efek kopi pada glaukoma?
written by sisca, November 22, 2007
Saya penderita glaukoma, berkacamata silindris 1. Saat 2thn pertama didiagnosa, saya rutin kontrol dokter dan menggunakan tetes mata Timolol. Bahkan pertama didiagnosa tekanan bola mata 21 sehingga dibantu obat oral. Namun 3 tahun terakhir saya sudah tidak rutin lagi berobat. Timolol hanya saya pakai saat mata terasa sakit karena banyak begadang dan lelah di depan komputer. Saya juga pecandu kopi, saat byk pekerjaan atau stress saya bisa mengkonsumsi 3-4 cangkir sehari.
My Question:
1. Apa efek kopi pada penderita Glaukoma ? Apa saran dokter, perlu dikurangi atau tidak boleh sama sekali?
2. Akhir2 ini kalau lelah di depan komputer atau begadang, mata saya memerah (pembuluh darah halus di sekitar lensa tampak lebih merah), terasa sakit dan pusing kepala. Yang saya lakukan hanya tidur, dan terkadang menggunakan Timolol. Tapi cukup lama sembuhnya (sekitar 5-6 hari). Apa comment dan advis dokter?
3. Setahu saya Obat tetes mata tsb harus dgn resep dokter, dapatkah saya mendapatkannya tanpa tiap bulan ke dokter? 1 botol tetes mata rata rata habis selama 1 bulan (penggunan setiap hari 2x tetes mata).
4. Saya membeli Timolol secara bebas di pasar pramuka (sy berdomisili di jakarta), karena tidak pernah sempat ke dokter. Dapat dipercayakah obat tersebut?
Terima kasih sebelumnya
Sisca

Jawaban Sisca
written by dr. Nurfifi A,Spm, November 23, 2007
Hallo Sisca.
Setelah saya konsultasikan kepada pakar Glaukoma di RS Mata Yap ini, minum kopi tidak menyebabkan glaukoma. Masalahnya setelah minum kopi anda begadang dan memakai komputer terlalu lama sedangkan anda sudah punya bakat glaukoma. Hal ini tentu saja menjadikan mata makin terbebani karena akomodasi terus menerus. Sebaiknya memakai komputer tidak lebih dari dua jam kemudian istirahat 10 menit. Timolol memang harus dengan resep dokter, meskipun pemakaian timolol dikatakan aman dalam jangka panjang, anda bisa minta dokter untuk bisa diulang resepnya bila dipandang dokter perlu. Mengenai obat yang ada dipasaran, saya tidak tahu keasliannya, sebaiknya anda beli di apotek saja.
Demikan jawaban kami, semoga puas.
Salam,
dr. Nurfifi A,SpM.


dokter ahli glukoma
written by Wika, December 07, 2007
Anggota keluarga saya ada yang menderita glukoma. Saya ingin bertanya
# di rumah sakit mata Dr. Yap ini, siapa sajakah dokter ahli khusus mengobati glukoma?

# Saya ingin bertanya berapa kira-kira besar nya biaya yang harus saya keluarkan untuk menyembuhkan glukoma tersebut?

# Dan jika saya, berobat ke RSM Dr. Yap ini apakah saya mendapat jaminan 100% anggota keluarga saya tersebut dapat melihat kembali, meski ketika saat anggota keluarga saya melihat nanti masih agak pudar atau buram atau kabur, yang penting tidak hitam gelap sekali seperti sekarang ini?

tlg dibalas comment saya ini secepatnya. saya harapkan anda membalas saya langsung via email ke: wikalinata@yahoo.comAlamat e-mail ini telah dilindungi dari tindakan spam bots, Anda butuh Javascript dan diaktifkan untuk melihatnya

terima kasih yang sebesar-besarnya.
Jawaban Wika, dokter konsulen Glaukoma
written by dr. Nurfifi A,SpM, December 07, 2007
Hallo Wika.
Di RS Mata Dr. Yap yang ahli Glaukoma adalah dr. Retno Ekantini, SpM jadwal praktek Rabu, Jum'at dan Sabtu.
Jawaban lengkap sudah saya e-mai.
Salam.
dr. Nurfifi A,SpM.


apakah glaukoma butuh pengobatan seumur hidup?
written by Hani, December 14, 2007
Teman saya menderita glaukomasejak setahun yg lalu,usia 45 tahun.Stl saya baca gejala2x glaukoma,besar kemungkinan menderita glaukoma akut.Ada yg ingin saya tanyakan ttg glaukoma:
1.apakah glaukoma butuh pengobatan seumr hidup?
2.Apakah kolesterol tinggi penyebab glaukoma(dia kolesterol tinggi sekitar 220)?
3.Sejak muda ,dia tidak pernah berkacamata,sedangkan dikeluarga tidak ada riwayat keturunan penyakit tsb.Apakah benar bisa terkena glaukoma apabila dilihat dari riwayat semasa dia muda?
4. Apakah selalu glaukoma harus operasi?
5.Apakah penderita glaukoma boleh mengemudikan mobil?
6.Dalam kurun waktu berapa tahun ,glaukoma bisa menyebabkan kebutaan?
7. makanan apa yg bagus utk memperlambat glaukoma shg tidak semakin parah ,disamping minum obat/obat tetes mata dari dokter?
8.Pada saat sakit kepala ,apa yg bisa dilakukan utk memperingan penderitaan teman saya?
9.Apakah penderita glaukoma boleh melakukan riasan disekitar mata(memakai eyeshadow)?
Terimakasih atas jawabannya.

konsultasi glukoma
written by Luthfa, December 21, 2007
Teman saya, wanita berusia 82 tahun mengidap glukoma sejak setahun yll. Sebelumnya dia pernah operasi laser. Glukoma ini pernah diobati dokter mata dari AS, Italy dan Spanyol. Namun hasilnya nihil. Saya baca di Indonesia ada obat tetes HerbAini Drops yang bisa mengobati glukoma hanya dalam waktu beberapa minggu. Saya tertarik sekali karena saya sangat sayang pada sahabat saya tersebut. Tapi apakah obat tersebut aman untuk wanita lanjut? Terimakasih.

Jawaban untuk Luthfa
written by dr. Nurfifi A,SpM, December 24, 2007

Jawaban untuk Hani.
written by dr. Nurfifi A,SpM, December 25, 2007
Hallo Hani.
Berikut jawaban pertanyaan anda:
1. Ya, pada umumnya glaukoma butuh pengobatan seumur hidup.
2. Kolesterol tinggi tidak menyebabkan glaukoma.
3. Glaukoma yang diturunkan sekitar 10%, ada berbagai teori mengenai terjadinya glaukoma pada orang tua, salah satunya karena saluran pembuangan cairan dalam bolamata yang mulai menyempit akibat proses penuaan.
4.Glaukoma tidak selalu harus operasi bila masih bisa diatasi dengan obat.
5. Penderita glaukoma boleh mengemudi mobil asal lapang pandang dan tajam penglihatan masih memenuhi kriteria standard minimal untuk mengemudi.
6. Lamanya terjadi kebutaan sangat individual dan tergantung banyak faktor.
7. Tidak ada diet khusus untuk glaukoma, tapi mengingat usia sudah 45 tahun sebaiknya makanan jangan banyak mengandung lemak.
8. Pada saat sakit kepala, coba tekan bolamata (pada kelopak) kalau terasa keras sekali, segera ke dokter. Anda boleh memberikan antisakit dulu.
9. Riasan (make-up) mata tidak dilarang asal tidak menimbulkan iritasi pada mata.
Demikian jawaban kami, semoga puas.
Salam.
dr. Nurfifi A,SpM

Apakah saya menderita Glaukoma?
written by Bagas D B, January 12, 2008
Saya berumur 42 thn, sejak 2 th yang lalu ada gangguan penglihatan saya. Gambarannya seperti ini, bila saya melihat obyek dari jarak 30 cm, kira2 sekitar 5-10 cm dibawah titik fokus mata saya, terdapat kabut abu2 yg menutup (memburamkan) obyek pandangan. Kabut ini kira2 berdiameter 2-3 cm (jatuh pada asumsi bidang pandang berjarak 30 cm dari mata saya), kabut ini juga tetap ada (permanen) pada bidang pandang yg lebih jauh.
Lalu beberapa kali dalam setahun (3-5 kali setahun) ada kejadian seperti ini : mula2 di pandangan saya ada bayangan berpendar2 (berwarna-warni dan bergerigi) membentuk seperti huruf "C". Mula2 ukurannya kecil, lama2 membesar (tetap berpendar2 dan bergerigi). Huruf "C" tersebut akan terus membesar ukurannya hingga 10-15 menit, kemudian menghilang dan pandangan saya normal kembali. Biasanya kalo si huruf "C" itu mulai datang, saya istirahat sejenak (karena pandangan jadi sangat terganggu dan agak pusing), setelah istirahat dan pejamkan mata, saya tahu, dlm 15 menit pasti akan hilang sendiri.
Memang sejak kecil,bila saya memejamkan mata ada beberapa titik abu2 yg "berjalan2" dipandangan saya. Titik abu2 ini akan sangat terlihat bila saya memejamkan mata, kemudian pandangan saya arahkan ke arah matahari, maka terdapat beberapa titik abu (lebih tepat berbentuk jentik2 atau cacing) yg terus bergerak searah gerakan bola mata.
Penyakit apakah ini, dan apa yg harus saya lakukan?
Terimakasih.
...
written by dr. Nurfifi Arliani, SpM., January 13, 2008
Hallo Bagas.
Sayang Bagas tidak merinci apakah keluhan ini pada satu mata atau dua mata. Menilik apa yang dikeluhkan saya curiga ada kekeruhan di badan kaca Bagas. Bagas juga tidak memberi informasi apakah ada saudara yang sakit glaukoma, karena glaukoma biasanya diturunkan. Saya kira Bagas perlu periksa ke dokter mata mengingat usia sudah 42 tahun, dimana pada usia ini mulai timbul gangguan penglihatan akibat proses penuaan.
Demikian jawaban kami, semoga puas.
Salam.
dr. Nurfifi A,SpM.
...
written by yozi, January 20, 2008
selama ini ibu saya diperkirakan punya penyakit katarak tetapi setelah diperiksa di RS mata Dr. YAP ternyata dia kena glaukomadan sudah diberi obat.pertama kali k sana ibu saya diberi pil dan juga obat tetes waktu ksana lagi ibu diberi obat tetes lg tapi katanya ini lebih perih gunanya untuk menurunkan ketegangan matadan ditetes 3x sehari.tapi kata ibu saya setelah memakai obat yang kedua ini matanya kembali kabur setelah agak terang menggunakan obat tetes yang pertama. saya lihat mata nya juga jadi merah. itu kenapa? apakah obat tetes yang kedua kurang cocok atau bagaimana?
Jawaban Yozi
written by dr. Nurfifi Arliani,SpM., January 21, 2008
Hallo Yozi.
Tetes mata untuk glaukoma biasanya 2 macam:
1. Timol (Timolol) merupakan Beta Blocker untuk mengurangi produksi cairan didalam bolamata.
2. Pilocarpin : merupakan myoticum untuk mengecilkan pupil mencegah tertutupnya sudut bilik depan, ini biasanya kalau diteteskan pedih dan kadang disertai merah.
Kedua obat itu memang diberikan bersama-sama untuk lebih mengefektifkan penurunan tekanan didalam bolamata. Cobalah nanti kalau kontrol sampaikan ke dokter mengenai hal ini, yang jelas obat tersebut tidak berbahaya.
Demikian jawaban kami, semoga puas.
Salam.
dr. Nurfifi A,SpM.
...
written by sadiq, February 06, 2008
pak, kalo bisa pertanyaaan sdri Wika, di jwab di forum nilah, biar kami juga bisa mengetahui bagaimana mengatasi penyakit glukoma ini. kebetulan orang tua saya jg sama hal-a dengan org tua wika. penyakit yg dialami ortu saya pada tahap glukoma kronis.

Jawaban untuk Sadiq
written by dr. Nurfifi Arliani,SpM., February 09, 2008
Hallo Sadiq.
Ma'af ya karena sdr. Wika special request ke e-mailnya jadi ya saya langsung mailing dia. Oke akan saya jawab pertanyaan sdr. Wika disini.
1. Dokter subspesialis Glaukoma di RS Mata Dr. Yap yaitu dr. Retno Ekantini,SpM MKes.
2. Biaya untuk menyembuhkan Glaukoma tidak bisa diperkirakan, karena Glaukoma memerlukan pengobatan seumur hidup. Akan tetapi bila perlu operasi Trabekulektomi (membuat saluran cairan dalam bolamata agar lancar) kira-kira 4 - 5 juta.
3. Dokter tidak akan dapat memberikan jaminan bahwa penglihatan akan pulih kembali, karena yang terkena adalah bagian saraf, sedangkan saraf kalau sudah mati tidak akan diganti (tumbuh lagi). Disini sifatnya hanya mempertahankan saraf yang masih hidup agar tidak cepat mati akibat tekanan dalam bolamata yang terlalu tinggi.
Demikian jawaban kami, semoga puas.
Salam.
dr. Nurfifi A,SpM.
...
written by mega, March 17, 2008
saya mau tanya apa bagaimana ciri-ciri glaukoma sudah parah. soalnya saya sering sekali migrain. apa itu tandanya sudah parah
...
written by mega, March 17, 2008
dok umur say 19 tahun divonis menderita glaukoma waktu kelas 1 smp. saya mau tanya,ap gaukoma benar- benar tidak bisa disembuhkan? akhir-akhir ini saya sering sekali migrain dan mata sering sakit dan urat-urat mata semakin kelihatan. apa itu tandanya sudah semakin parah? dan ap artinya neuro ofthalmologi.terimakasih dok.

Jawaban Mega.
written by dr. Nurfifi Arliani,SpM., March 19, 2008
Hallo Mega.
Glaukoma biasanya diturunkan (herediter), apa keluarga Mega juga ada yang glaukoma?
Memang glaukoma merupakan penyakit seumur hidup, artinya penderita glaukoma harus selalu kontrol paling tidak 6 bulan sampai 1 tahun sekali untuk mengetahui perkembangan penyakitnya. Glaukoma yang sudah parah tandanya kalau penderita hanya bisa melihat seperti melihat dengan teropong (tunnel vision). Perkembangan glaukoma diukur dengan indikator pemeriksaan lapang pandang untuk menentukan Tekanan dalam bolamata yang aman bagi pasien.
Demikian jawaban kami, semoga puas.
Salam.
dr. Nurfifi A,SpM.

Neuro-ophthalmologi
written by dr. Nurfifi Arliani,SpM., March 19, 2008
Hallo Mega.
Neuro-ophthalmologi adalah ilmu yang mempelajari tentang saraf mata, ini merupakan subspesialisasi dari spesialis Mata. Pada glaukoma perlu diperiksa neuro-ophthalmologi untuk memeriksa lapang pandang sehingga bisa diketahui apakah glaukoma sudah stadium lanjut atau ringan.
Demikian jawaban kami, semoga puas.
Salam.
dr. Nurfifi A,SpM.

normotension glaukoma
written by R, April 10, 2008
dear dr.Nurfifi,
bagaimana kita mengetahui (diagnosis dini)seseorang terkena normotension atau low tension glaukoma ?
terimakasih
Normotension glaukoma
written by dr. Nurfifi Arliani,SpM., April 16, 2008
Hallo April
Diagnosis dini paling baik pada penderita glaukoma disamping memeriksa tekanan bolamata, memeriksa fundus (Saraf optik) adalah pemeriksaan lapang pandang. Kalau mau lebih akurat lagi dengan pemeriksaan Scanning retina (OCT).
Demikian jawaban kami, semoga puas.
Salam.
dr. Nurfifi A, SpM.

Glaukoma karena infeksi TORCH
written by Khoirul Burhani, May 24, 2008
Pengalaman kami Glaukoma bisa juga disebabkan oleh infeksi TORCH (Toxo, Rubella, CMV dan Herpes).

Alhamdulillah, pengobatan alternatif yang kami tekuni telah banyak membantu menyembuhkan penyakit-2 yang disebabkan oleh infeksi TORCH.

Silakan kunjungi website kami di www.spesialis-torch.com

Mudah-2 info ini bermanfaat.

Salam,
Khoirul Burhani
Buat Khoirul Burhan.
written by dr. Nurfifi Arliani, SpM., May 30, 2008
Hallo Khoirul.
Terima kasih atas infonya.
Salam.
dr. Nurfifi A,SpM
...
written by feby, June 02, 2008
baru tanggal 30 mey ini saya difonis glukoma di Rs. Carolus, sebelumnya saya pernah mengalami gejala seperti glukoma, lalu saya berobat di Rs. YAP di yogya (krn saya bekuliah di atma jaya yogya). Tapi yang saya aneh dokter di YAP tidak memberikan penjelasan apapun. saya baru tahu kena glukoma setelah tanggal 30 mey saya berobat ke Rs.Carolus karena sebelumnya 3hr otot mata saya sakit di sertai dengan sakit kepala yang hebat di sebelah kiri. Apalagi pekerjaan saya IT-Programmer harus selalu didepan komputer. Ada cara untuk memperkecil tekanannya tidak?

solusi utk istri saya
written by dhorif, June 02, 2008
Istri saya, 31 th, sejak lahir menderita glaukoma dan katarak pada mata kanan. Sampai melahirkan anak pertama pada Desember 2003 tidak ada masalah yg berarti. Tetapi setelah anak pertama berusia 4 bulan, mata sebelah kanan mengalami tekanan yg sangat tinggi hingga harus dirujuk untuk dilakukan operasi dan pasang IOL pada bl. Juni 2004. Sejak itu setiap hari harus menjalani terapi dengan tetes mata Timolol dan minum tablet Glaucon.
3 tahun pasca operasi tekanan pada bola mata sebelah kanan suka naik-turun tetapi tidak terlalu tinggi. Hingga istri saya hamil anak kedua pada bulan Desember 2007 tiba-tiba mata kanan memerah, syaraf mata seperti terlihat dibagian putih mata. Pada bulan April 2008 kemaren istri saya melahirkan secara SC karena glaukoma ini. Setelah itu bola mata seperti mengempis (terasa masuk kedalam) dan sampai sekarang kelopak mata kanan cuma bisa terbuka sebagian. Menurut saran dokter mata yang biasa merawat, mata kanan istri saya sudah lemah sehingga supaya kelopak mata bisa dibuka kembali harus dirujuk kembali agar dioperasi untuk diaplikasikan bola mata palsu.
1. Apakah kehamilan dapat mempengaruhi tekanan bola mata?
2. Apakah benar bahwa mata sebelah kiri juga bisa terkena glaukoma?
3. Bagaimana dengan saran dokter mata tersebut?
4. Adakah solusi terbaik untuk kasus istri saya?

Jawaban Dhorif
written by dr. Nurfifi Arliani,SpM., June 03, 2008
Hallo Dhorif.
1. Kehamilan memang bisa mempengaruhi tekanan bolamata maupun retina.
2. Kalau glaukomanya primer biasanya mengenai kedua mata, demikian pula pada glaukoma kongenital. Akan tetapi kalau memang mata kiri istri anda masih baik dan tidak ada masalah sejak lahir, maka kemungkinan memang hanya mata kanan saja yang menderita glaukoma kongenital.
3. Mengenai saran memakai mata palsu, maka harus dipastikan dulu kalau mata kanan tersebut sudah buta (tajam penglihatan 0), karena mata palsu sifatnya hanya untuk kosmetik saja.
Demikian jawaban kami.
Salam.
dr. Nurfifi A,SpM.

mo nanya
written by mery, June 16, 2008
berapa nilai standar tajam peglihatan dan lapang padang dalam mengemudi?

obat alami
written by irwan, July 10, 2008
dok maaf apakah penyakit ini wajib harus di lakukan tindakan operasi??
apa bisa di obati dengan pengobatan alami/obat2xan saja??
thanks

jawaban utk Irwan
written by dr. Retno Ekantini SpM,MKes, July 10, 2008
pada penyakit glaukoma, yang harus dilakukan adalah menurunkan tekanan bola mata supaya saraf mata tidak tambah rusak. ada 2 cara penurunan tekanan bola mata yaitu menggunakan obat2an (tetes mata atau tablet) dan operasi (pembuatan saluran pembuangan cairan mata atau mematikan produsen cairan mata), jadi tidak selalu dilakukan operasi, disesuaikan dengan kondisi masing2 mata. Obat alami mungkin saja ada, hanya sayangnya belum ada penelitian yang membuktikan efek obat tradisional/bahan alami/herbal dll tersebut.
Semoga jawaban ini memuaskan,
dr.Retno Ekantini SpM

jawaban utk Merry
written by dr. Retno Ekantini SpM,MKes, July 10, 2008
pertama mahon maaf karena jawaban terlambat. Di buku2 ilmu mata tidak pernah disebutkan nilai standar tajam penglihatan dan lapang pandangan untuk mengemudi. Dokter mata tidak berhak untuk menentukan seseorang boleh megemudi atau tidak, yang menentukan adalah pihak kepolisian yang mengeluarkan ijin mengemudi. Tentunya sebagai syarat mengemudi penglihatan harus cukup baik (misal 6/12) dan lapang pandangan cukup luas sehingga tidak menabrak kanan kiri. Tiap negara mempunyai kebijakan sendiri.
Mohon maaf jka jawaban tidak memuaskan.
dr.Retno Ekantini SpM

glukoma akut
written by lilian, July 11, 2008
dok, ibu saya sering mendapat serangan sakit kepala mendadak yang diikuti mata mera dan berair, sempat kami bawa ke dokter syaraf karena pikiran kami kena migrain, tapi ternyata tidak sembuh juga. 2 hari yang lalu saya bawa ke dr spesialis mata, dan diyatakan glukoma (tekanan bola matanya sudah berat dan ada syaraf yang terjepit) kemudian diberi 2 obat tetes mata dan 1 tablet untuk diminum. pagi ini saya bawa kontrol tekanan bola mata sudah menurun, tapi masih ada syaraf terjepit. yang ingin saya tanyakan: Apakah glukoma macam ibu saya bisa disembuhkan? apakah penanganan untuk penyakit seperti ini harus dipoerasi? kalau hanya minum obat itu saja apa bisa sembuh? terima kasih banyak dok..

jawaban utk lilian
written by dr. Retno Ekantini SpM,MKes, July 14, 2008
Menurut apa yang anda ceritakan kemungkinan besar ibu menderita glaukoma sudut tertutup akut, yang merupakan glaukoma yang paling mudah dikenali sehingga lebih banyak selamat dari kebutaan jika ditangani dengan tepat dan cepat. Yang paling penting adalah menurunkan tekanan bola mata scepat mungkin sampai level normal yaitu dibawah 21 mmHg. kalau tekananmata ibu sudah turun tetapi dokter bilang masih ada saraf yang terjepit maka artinya turunnya tekanan mata belum sampai ke tekanan normal dan masih dapat menyebabkan kerusakan saraf lebih lanjut. Sebaiknya dilakukan operasi pembuatan saluran untuk membuang cairan mata yang tertimbun di dalam mata,saran saya segera kembali ke dokter mata dan menuruti anjuran untuk operasi demi untuk mempertahankan saraf yang masih ada. Makin lama saraf terjepit makin banyak kerusakannya, padahal kerusakan saraf tidak dapat dikembalikan seperti semula.

thanx 4 attention
written by lilian, July 16, 2008
terima kasih atas jawaban dokter,
kemudian saya ingin tanya berapa biaya yang dibutuhkan untuk tindakan operasi? dan apa sudah tidak ada cara konvensional untuk mencegah kebutaan dan mengembalikan fungsi penglihatan seperti semula selain operasi?saat ini tekanan bola matanya sudah di angka 28. terima kasih

jawaban utk lilian lg
written by dr. Retno Ekantini SpM,MKes, July 17, 2008
Halo Lilian, tentang perkiraan biaya operasi harap telpon ke bagian pendaftaran RS Mata Dr.Yap karena biaya tergantung kelas/kamar yang dipilih.nama operasinya: Trabekulektomi. Perlu saya jelaskan sekali lagi bahwa operasi tersebut hanya membuat saluran untuk membuang cairan yang berlebihan sehingga tekanan bola mata turun/normal. Makin lama saraf tertekan/terjepit makin banyak kerusakan, maka operasi sebaiknya dilakukan sesegera mungkin, sedangkan saraf yang terlanjur rusak tidak dapat membaik dengan operasi tersebut. Operasi bertujuan menyelamatkan saraf yang masih ada.
Salam
...
written by irwan, July 21, 2008
selamat siang DR retno, aku mau tanya semenjak ibu saya mengalami glaukoma, yg disebabkan tekanan darahnya yg tinggi, matanya kini sudah lebih baik, menggunakan obat tetes mata dan obat yg diminum, tapi kenapa ya , kondisi fisik nya masih lemah, blm pulih / sehat betul, badan nya masih sering panas.

jawaban utk irwan
written by dr. Retno Ekantini SpM,MKes, July 21, 2008
Selamat malam Irwan,
Kondisi ibu nampaknya tidak hanya disebabkan karena kondisi mata. sebaiknya ibu diperiksakan ke spesialis penyakit dalam untuk dapat ditangani jika terdapat penyakit yang lain sehingga ibu dapat segera sehat dan segar kembali. Kami doakan dari jauh.
dr.Retno Ekantini SpM.MKes.

glaukoma keturunan
written by hilal, July 24, 2008
Saya 25 tahun, tanggal 24 juni kemaren saya melakukan pemeriksaan oct scan di rs dr. yap dan hasilnya saya memang glaukoma
Pertanyaan :
1. Apakah sebelum saya menikah harus melakukan operasi mata agar tidak menggunakan obat lagi?
2. Benarkah obat-obatan glaukoma dapat mempengaruhi janin?
3. Kalau saya mempunyai anak apakah anak - anak saya akan mewarisi penyakit ini?
4. Apakah timol dapat mempengaruhi janin jika di pakai selama hamil?
5. Berapa jeda antara operasi pertama dan seterusnya?Apa ada efek samping jika dilakukn beberapa kali operasi?
6.Benarkah Kehamilan bisa memperburuk Glaukoma?
Ibu mohon jawabannya, terimakasih banyak

Jawaban utk hilal; glaukoma keturunan
written by dr. Retno Ekantini SpM,MKes, July 24, 2008
halo hilal, langsung saja saya akan menjawab pertanyaan diatas;
1. jika dengan terapi obat tetes mata sudah berhasil menurunkan tekanan bola mata ke level aman, tidak perlu operasi.
2. obat2 yang pemberiannya secara tetes sangat kecil/hampir tidak ada pengaruhnya terhadap seluruh tubuh termasuk janin jika dipakai secara benar. Pemakaian obat tetes yang benar yaitu setelah diteteskan mata langsung dipejamkan dengan perlahan, jangan mengejap-ngejap untuk menghindari obat tetes masuk ke hidung dan diserap keseluruh tubuh, dengan demikian sebagian besar obat akan masuk ke dalam mata saja.
3.Sebagian besar glaukoma mempunyai faktor risiko yang diwariskan ke generasi berikutnya, tetapi tidak semua anak akan menderita glaukoma seperti orang tuanya, tergantung gen siapa(ayah/ibu) yang diwariskan.
4. Timol tetes mata aman untuk janin.
5. jika 2 mata memerlukan operasi, bisa dilakukan bersama-sama atau jeda 1 hr,2 hr, tergantung kondisi mata.Setiap operasi ada efek samping, salah satu efek samping operasi glaukoma adalah mempercepat terjadinya katarak. Setelah operasi tidak berarti bebas dari masalah.
6.tidak, asal tekanan bola mata tetap terkontrol rendah.
Demikian jawaban saya, semoga bermanfaat.
dr.Retno Ekantini SpM.MKes

glukoma
written by daniel, July 28, 2008
selamat sore dok,
dok, anak saya perempuan umur 12 th sekarang, mata kanannya minus 20 silinder 1, dan yang kiri minus 7,5 silinder 1. awalnya minus di mata kanan hanya 11 dan yang kiri 4,5 di tahun 2005. Perubahannya cukup drastis, dan saya kaget sekali ketika saya mendengar berita itu. Dok, apakah anak saya menderita glukoma selama ini ? apa yang saya harus lakukan supaya, setidak tidaknya tidak bertampbah parah kondisinya.
trim banyak

jawaban utk daniel
written by dr. Retno Ekantini SpM,MKes, July 28, 2008
Selamat malam daniel,
Belum tentu anak anda menderita glaukoma, harus diperiksa dulu apakah ditemukan tanda-tanda penyakit glaukoma. Memang mata miop merupakan risiko glaukoma, tetapi tidak semua mata miop menderita glaukoma. Mata miop tidak dapat dicegah pertambahannya, tetapi perlu diawasi oleh spesialis mata supaya jika terjadi bahaya akan terjadi glaukoma atau ablatio/lepasnya retina dapat ditangani sebaik-baiknya. Sebaiknya kontrol tiap 6 bulan, ada larangan untuk miop tinggi yaitu mengucek-ngucek mata atau menekan mata.
Semoga bermanfaat
dr.Retno Ekantini SpM, MKes

Apakah Saya menderita Glukoma??
written by David, August 06, 2008
satu waktu saya pernah tiba-tiba sakit kepala & mata, hal ini muncul saat saya lagi di depan komputer.. rasa sakitnya tiba-tiba muncul.. dan yang terasa sakit hanya sebagian dari kepala (sebelah kiri).. apakah saya glukoma yah dok?? trims

mata merah tiba2 dan berair
written by mira, August 07, 2008
apakah glukoma penyakit turunan, karena ibu saya juga terkena glukoma,belakangan ini mata saya tiba2 merah berair dan rabun, tanpa sebab, tetapi tidak disertai sakit kepala,hanya pegal2 mengganjal rasanya. dan Pekerjaan saya dari pagi sampe sore didepan komputer apakah ada pengaruh

Jawban utk David
written by dr. Retno Ekantini SpM,MKes, August 07, 2008
Halo David, jangan buru2 mendiagnosa glaukoma karena untuk menentukan seseorang mengidap glaukoma diperlukan pemeriksaan yang teliti, terutama pemeriksaan saraf mata dan tekanan bola mata. untuk kasus anda kemungkinan hanya kelelahan mata setelah teralu lama melihat layar komputer dengan jarak dekat dan cahaya yang terang dalam waktu cukup lama, saran saya untuk pengguna komputer supaya tahan lebih lama: kecilkan brightness/kecerahan, pakailah huruf yang cukup besar sehingga tidak perlu terlalu dekat. Demikian semoga tidak ada rasa sakit lagi, atau jika terasa sakit lagi segera periksa saja supaya dapat diketahui apa penyebabnya.
Salam.
dr. Retno Ekantini SpM, MKes.

Jawaban utk Mira
written by dr. Retno Ekantini SpM,MKes, August 07, 2008
Halo Mira, glaukoma sebagian besar memang merupakan penyakit yang diturunkan kecuali yang glaukoma sekunder (akibat penyakit lain). berdasarkan keluhan mata merah, berair, pegal dan kabur maka gejala itu memang mengarah ke penyakit glaukoma, tetapi ada penyakit lain yang mempunyai gejala mirip, misalnya peradangan kornea, peradangan iris dll, jadi sebaiknya segera periksa ke dokter mata supaya segera mendapat penanganan yang tepat sehingga mata masih dapat berfungsi dengan baik.Perlu saya ingatkan bahwa glaukoma yang sudah terlambat/parah tidak dapat ditolong lagi, sehingga yang paling penting adalah penemuan dini dari penyakit glaukoma.
Semoga bermanfaat.
dr. Retno Ekantini SpM, MKes

apakah saya menderita glaukoma atau penyakit mata lain?
written by amroen, August 10, 2008
salam

beberapa hari ini saya sering mengalami sakit atau rasa pegal pada mata dan (kadang berair seperti menangis) seperti ititasi (terutama jika dilingkungan ber-AC)dan rasa pegal pada mata bisa sampai seharian lamanya. biasanya rasa pegal pada mata reda setelah saya coba untuk tidur. tapi belakangan ini setelah bangun tidur gejala pegal pada mata masih terasa. memang, rasa pegal pada mata ini tidak disertai sakit kepala apalagi sampai muntah. tapi rasanya sangat mengganggu aktivitas saya. apakah saya menderita glaukoma ataukah penyakit mata yang lain? mengenai riwayat keturunan, ibu saya saat ini memang memakai kacamata minus tebal tapi bukan glaukoma. apakah yg menurun pada saya ini cuma tanda2 mata minus atau sebab lain. terima kasih

Jawaban utk Amroen
written by dr. Retno Ekantini SpM,MKes, August 12, 2008
Halo Amroen,
Gejala mata pegal, capek, berair tidak selalu merupakan gejala glaukoma. Kemungkinan penyakitnya adalah:
1. Hipermetrop/rabun jauh dekat, penderita dapat ditolong dengan kacamata plus utk melihat jauh dan dekat.
2. Presbiop/rabun dekat karena usia, dapat dibantu untuk melihat dekat/membaca menggunakan kaca mata baca plus.
3. Glaukoma, pada penyakit hanya dapat dicegah memburuknya kerusakan saraf, jadi harus ditemukan sedini mungkin.
4. Sindroma mata kering, dibantu dengan pemberian air mata buatan.
5. Bagi pengguna kaca mata minus atau plus, kemungkinan sudah tidak cocok lagi ukurannya, jadi harus ganti kaca
6. Radang mata ringan yang bersifat kronis/menahun, penderita akan diberikan obat2an.
Jadi untuk mengetahui apakah menderita glaukoma atau tidak tentunya harus diperiksa semua kemungkinan tsb di atas.
Semoga bermanfaat
dr. Retno Ekantini SpM, MKes.
...
written by hilal, August 21, 2008
Assalamualaikum
Pertanyaan saya :
1. Apakah tetes mata CenFresh dan Cendo Lyteers memang di anjurkan dipakai dg Timol?
2. Apa fungsi kedua tetes mata tersebut?
3. Apakah vitamin untuk mata dapat membantu mata glaukoma?
4. Orang tua (Ayah)dengan minus mata tinggi dan (ibu) minus tinggi dengan glaukoma,apakah anak akan mewarisi mata minus dan glaukoma juga?
Trimakasih banyak atas jawabannya.

Jawaban utk Hilal
written by dr. Retno Ekantini SpM,MKes, August 21, 2008
Assalamu alaikum w.w.
Langsung saja saya jawab pertanyaan2 di atas:
1. Benar, terutama pada pemakai Timol yang sudah lama, misal lebih dari 1 tahun.Pilih salah satu Cenfresh atau cendolyteers.
2. Fungsi kedua obat tetes tersebut adalah sebagai air mata buatan sebagai tambahan dari air mata yang asli karena pada pemakaian golongan Timolol jangka panjang dapat menyebabkan berkurangnya produksi air mata.
3. Vitamin tertentu, misalnya vit C,vit E & vit A dapat membantu kesehatan saraf mata sehingga saraf tersebut lebih tahan terhadap kerusakan yang disebabkan oleh glaukoma.
4. Tidak selalu anak akan mewarisi sifat jelek/penyakit orang tuanya, tergantung gen apa yang diwariskan. Misal ayah berambut keriting belum tentu anak juga keriting. Yang penting adalah kewaspadaan.
Demikian semoga memuaskan.
dr. Retno Ekantini SpM,MKes

glaukoma akibat kecelakaan.
written by indra, August 30, 2008
Halo dokter...
Kakak laki-laki saya beberapa bulan lalu mengalami kecelakaan mobil dan area disekitar mata membentur stir dengan cukup keras sampai memar.
Setelah kejadian itu, dia mengaku sering migrain berat, sakit mata, dan pandangaannya tidak fokus.
Sampai saat ini belum memeriksakannya kedokter spesialis mata. Tapi setelah mencari tahu lewat internet, sepengatahuan sejauh ini katanya trauma akibat kecelakaan bisa mengakibatkan glaukoma. Yang ingin saya tanyakan:
1. apakah kemungkinan besar kakak saya mengalami glaukoma? Kalau iya termasuk kedalam glaukoma jenis apa?
2. Apakah glaukoma sekunder hanya bersifat sementara? maksudnya setelah diobati tidak akan kambuh lagi, atau justru akan semakin meningkat.
3. Apakah seorang penderita glaukoma diperbolahkan melakukan olah raga renag?
Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan banyak terimakasih.

Salam
...
written by Nurulhidayah Aziz, August 31, 2008
hai....
saya ingin mengetahui dari Dr. adakah penyakit saraf mata yang koma boleh diwarisi oleh anaknya. ataupun adakah ia boleh mennjadi sakit keturunan.

Nurul, Malaysia

jawaban utk Indra
written by dr. Retno Ekantini SpM,MKes, September 01, 2008
Halo Indra! mengenai kakak anda yang pernh mengalami kecelakaan harus dipastikan dulu apakah traumanya benar2 mengenai mata atau hanya di tulang sekitar mata beserta kelopak mata. menilik gejalanya memang mirip glaukoma, tetapi mungkin juga akibat trauma terhadap otak yang sering disebut gegar otak ringan. sebaiknya periksa dulu ke spesialis mata sehingga dapat diterapi dengan tepat. tentang glaukoma sekunder, jika penyakit penyebab sudah berhasil ditangani biasanya glaukomanya tidak bertambah parah asal glaukomanya juga berhasil diatasi.Jika penyakit penyebab sudah menimbulkan kelainan permanen misalnya perlekatan iris ke lensa, maka dokter hanya bisa mencegah terjadinya glaukoma, mungkin dengan obat2an selamanya untuk mencegah kerusakan saraf mata akibat glaukoma. Penderita glaukoma boleh melakukan olah raga renang asal penglihatan masih baik.
Demikian Indra, lebih baik segera saja kakak diantar ke spesialis mata daripada menderita terus.
dr.Retno Ekantini SpM,MKes

Jawban utk Nurulhidayah Aziz
written by dr. Retno Ekantini SpM,MKes, September 01, 2008
Hai Nurul, mugkin yang anda maksud adalah glaukoma ya? Sebagian besar glaukoma adalah merupakan penyakit yang diwariskan/penyakit keturunan,hanya sebagian kecil yang merupakan penyakit dapatan, jadi anak2 penderita glaukoma dapat terkena juga. yang penting adalah waspada terhadap glaukoma, penemuan dini akan mencegah kebutaan. Anak penderita glaukoma yang sudah berumur 17 tahun supaya periksa ke dokter spesialis mata setiap tahun.
Semoga penjelaan ini sesuai yang anda maksud.
dr.Retno Ekantini SpM.MKes
...
written by arto, September 03, 2008
dok,saya umur 24,keluhan saya..dimata sebelah kiri ada bintik hitam terbang2 ketika saya memandang,terutama ketika memandang background yg berwarna putih,maka bintik hitam itu akan terlihat jelas.satelah saya periksa ke dokter Retno,saya didiagnosa terkena glaukoma.saya di beri timolol.setelah memakai timolol mata saya jadi merah.saya pakai selama 3 tahunan..beberapa bulan ini mata sebelah kanan saya pun jadi ada bintik hitamnya .maka saya hentikan pemakaian timolol.
1.apakah bintik hitam merupakan gejala goukoma?
2.merahnya mata saya setelah penggunaan timolol apa itu wajar?
3.bertambahnya bintik hitam itu apa di sebabkan oleh timolol ?

???
written by Yuli, September 09, 2008
Dok, saya mau nanya. saya pertama kali pakai kaca mata kelas 6 sd minus 2, sampai kerja sekrg sudah minus 8. keluarga dr pihak ayah saya yg pakai kaca mata cuman tante dan ayah saya saja. saya bersaudara 4 org, kakak saya, saya dan adik saya ketiga2nya sudah pakai kaca mata. awal kuliah saya pertama kali pakai softlens. pada semester akhir karena sibuk skripsi dan ujian saya pernah tidak tidur 3 hari 3 malam dan saya tidak mencopot softlens saya sama sekali, karena saya mengerjakan skripsi numpang di tempat teman, saya tidak bawa tetes softlens, akhirnya saya tetes air keran, setelah itu besokannya mata saya yg kiri langsung kabur, dan akhirnya saya di rawat di rs 12 hari utk memulihkan penglihatan saya. sekrg mata kiri saya kadang suka berasa tegang, dan dl dokternya pernah periksa mata saya katanya ada guratan dan saya dikasih obat tetes Hialid katanya bisa mengurangi guratannya makin melebar. cuman saya suka lupa pakai obat tetesnya. dan kadang2 mata kiri saya suka kelihatan kayak cacing2 kecil gt. dan kadang2 kalo saya migrain mata saya juga ikutan sakit. kira2 masalah saya apa ya dok? terima kasih.

kecelakaan bisa glaukoma?
written by wulan, September 10, 2008

Jawaban utk Arto
written by dr. Retno Ekantini SpM,MKes, September 11, 2008
Selamat malam Arto,
Langsung saja saya jawab pertanyaan:
1. Bintik hitam ber gerak2 bukan merupakan gejala glaukoma tetapi merupakan gejala kekeruhan pada badan kaca/vitreus, biasanya timbul pada penderita mata minus, hal tersebut dapat terjadi pada kedua mata.
2. mata merah setelah penggunaan timolol atau obat tetes lain bisa saja terjadi, biasanya akibat dari reaksi dengan zat pelarut obat, mungkin karena alergi atau tidak cocok dengan pH obat tersebut. Jika anda melaporkan ke dokternya biasanya akan diganti dengan obat lain yang tidak menimbulkan merah. kalau bisa jangan menghentikan obat karena akan berakibat naiknya tekanan bola mata yang akan memperparah glaukoma.
Semoga jawaban ini dapat menambah wawasan.
dr. Retno Ekantini SpM.MKes

Jawabab utk Yuli
written by dr. Retno Ekantini SpM,MKes, September 11, 2008
Selamat malam Yuli,
Pemakaian soft lens yang tidak disiplin dapat menyebabkan infeksi pada kornea, setelah sembuh akan meninggalkan bekas/jaringan parut di kornea sehingga mengganggu penglihatan.Mengenai rasa tegang/tidak enak di mata kiri perlu diperiksa lagi apakah ada kelainan lain selain jaringan parut tadi. Bayangan seperti cacing, sarang laba2, titik2 berjalan sering terjadi pada penderita mata minus terutama minus 6 keatas, asal jumlahnya hanya sekitar 1-3 buah tidak berbahaya,tetapi jika jumlahnya banyak maka perlu diobati.
Demikian jawaban saya, segera periksa saja untuk memastikan penyebab mata tegang.
dr. Retno Ekantini SpM, MKes

...
written by arto, September 15, 2008
selamat malam dr Retno. Bintik hitam ber gerak2 pd mata saya, apakah bisa disembuhkan dok? karena semenjak umur 10 tahun bintik itu udah ada,tapi sangat kecil dan samar2, dan semenjak saya umur 22 tahun saya mengetahui bahwa bintik itu membesar hampir 1 mm.dan beberapa bulan yang lalu mata sebelah kanan saya pun ada bintik hitam nya dok.dg terus berkembangnya bintik hitam itu saya jadi cemas dok.mohon kasih pencerahan dok.

Jawaban untuk Wulan
written by dr. Retno Ekantini SpM,MKes, September 15, 2008
Selamat malam Wulan,
Kecelakaan yang dapat menimbulkan glaukoma adalah kecelakaan yang mengenai bola mata, bisa trauma tajam (misal kena kaca) atau tumpul (misal kena bola tenis). Trauma tersebut akan menimbulkan bengkak,merah, penglihatan kabur, itu artinya traumatersebut cukup keras untuk menimbulkan kerusakan bagian dalam bola mata. Trauma yang ringan tidak menimbulkan kerusakan bagian dalam bola mata. Trauma yang menyebabkan kerusakan saluran pembuangan cairan mata akan menimbulkan glaukoma, atau trauma yang menyebabkan perlengketan2 akan menyebabkan gangguan aliran cairan di dalam mata, akibatnya tekanan mata akan naik dan terjadi glaukoma yang disebut glaukomasekunder.
Semoga cukup jelas penjelasan saya.

Jawaban untuk Arto lagi
written by dr. Retno Ekantini SpM,MKes, September 15, 2008
Halo Arto,
Bintik2 hitam tersebut tidak bisa hilang, tenang saja kalau hanya sedikit dan tidak menutupi pandangan. Memang kadang2 merasa terganggu oleh bintik2 tersebut. Perbanyak makan buah2an dan sayuran. Untuk amannya silakan periksa ke bagian Retina RS Mata Dr.Yap.
Salam.

Sharing donk..
written by prima, September 20, 2008
Halo Dok, tgl 18 Sept 08 sy bawa bapak konsultasi kataraknya yang harus di operasi di rumah sakit mata. Ternyata hasil dari dokter untuk mata bapak saya : mata kanan sudah tidak berfungs karena lensa matanya nyemplung.Untuk mata kiri kataraknya sudah menebal, ada glaukoma angkanya 32, lensa matanya goyang, sehingga penglihatan tinggal 10%. Mnrt dokter operasi kataraknya akan sangat beresiko tinggi tetapi tetap hrs di operasi. Bagaimana menurt pendapat dokter?. Saya khawatir krn yang dapat melihat tinggal satu dengan persentase 10%, jika terjadi kegagalan berarti kedua mata tdk dapt melihat lagi donk dok. Saran dokter bagaimana? disamping itu bapak saya punya darah tinggi dan th 2005 kemarin mengalami stroke. Terima Kasih ya Dok

...
written by dr. Retno Ekantini SpM,MKes, September 22, 2008
Untuk Prima,
Halo Prima, tentang bapak kemungkinan besar mata kanan disebabkan juga oleh glaukoma, target untuk mata kanan hanya mencegah terjadinya rasa sakit yang mungkin terjadi, syukur kalau tidak disertai rasa sakit. Untuk mata kiri kemungkinan diagnosisnya adalah glaukoma dan lensa katarak dg posisi salah, karena saya tidak memeriksa maka saya tidak dapat menentukan apakah lensanya yang menyebabkan glaukoma atau memang glaukoma sudah ada sejak sebelum katarak yang posisinya salah tersebut. Jika katarak sudah tebal dan sangat mengganggu penglihatan maka kataraknya harus dioperasi dengan kesiapan menanggung risiko berakibat menurunnya fungsi penglihatan. Apa yang terjadi jika katarak tidak dioperasi? katarak yang sudah tahap matur/kekeruhan padat, apalagi posisinya salah, maka lensa tersebut dapat menambah parah glaukomanya. sebaiknya dioperasi saja, asal dilakukan dg hati2 jarang terjadi kegagalan. sebelum operasi kalau bisa dicek dulu lapang pandangan bapak untuk mengetahui fungsi penglihatan serta kondisi badan apakah memenuhi syarat untuk dilaukan operasi, bius lokal atau bius total. Semoga operasi bapak berhasil. Salam.
dr. Retno Ekantini SpM, MKes

Dapatkah Glaukoma menyerang usia muda???
written by Frans, October 06, 2008
Halo dr. Retno, saya ingin bertanya, saya laki-laki berusia 21 tahun, sejak 3 tahun lalu mata kanan saya jika dipakai melihat terkadang seperti tertutup kabut, jika untuk melihat lampu seakan ada spektrum cahaya di sekitarnya, kemudian akan terasa sakit sekali di kepala sebelah kanan, namun setelah saya minum jus wortel dan beristirahat, maka sakit itu berangsur hilang dan penglihatan kembali normal. sejak 1/2 tahun yang lalu penyakit saya ini kembali kumat, hanya bedanya setelah saya minum jus wortel, rasa sakitnya tidak hilang bahkan cenderung bertambah. kemudian saya ke dokter spesialis mata dan saya diberikan obat minum dan obat tetes timolol, beliau mengatakan bahwa tekanan bola mata saya tinggi namun tidak menyebutkan kalau saya terkena glaukoma, sebab usia saya yang masih muda dan riwayat keluarga yang tidak ada yang sakit glaukoma, untuk diketahui, dulu mata kanan saya pernah terkena lemparan batu yang mengakibatkan bengkak namun setelah bengkaknya hilang penglihatan saya kembali normal... kini saya bingung karena setiap saya terasa lelah rasa sakit pada mata kanan saya kembali muncul, meskipun telah memakai timolol, terima kasih atas perhatiannya, mohon maaf jika terlalu panjang...

Mata Iritasi ringan atau...
written by ye2n, October 08, 2008
ass,...
dok,,, mau tanya ya saya 29 tahun sekarang saya sedang resah dengan mata kanan saya.. matanya perih kaya kena asap setiap hari jadi kurang nyaman banget. saya udah periksa dgn dr sps mata dikota saya.. tapi hanya dibilang iritasi ringan saya dikasih obat Naphcon A tetap saja masih perih. saya coba pake kaca mata dengan -3/4..masih juga.. sekarang mata kiri saya agak kabur2 seperti kabur ketika bangun tidur,, apa ini efek dari penggunaan kom yang sering atau apa ya.. dok.. apa saya perlu ke dr lagi untuk memastikan tapi saya terlajur pesimis.. tolong masukannnya... thanks ya dok...

glaukoma pada usia muda:jawaban utkFrans
written by dr.RetnoEkantini SpM. MKes, October 09, 2008
Halo Frans,
Berdasarkan gejala dan pengobatan yang diberikan oleh dokter mata sebelumnya maka kemungkinan besar mata kanan anda menderita glaukoma sekunder akibat trauma, tetapi perlu dilakukan pemeriksan saraf mata dan lapang pandangan untuk memastikannya. Harap segera periksa ke dokter mata yang memiliki peralatan untuk pemeriksaan tersebut sebelum saraf rusak. Perlu saya beritahukan lagi bahwa penanganan kasus glaukoma tidak hanya menurunkan tekanan mata sampai level aman tetapi harus diawasi/di follow-up kondisi saraf mata tersebut setelah tekanan turun, apakah masih berlangsung kerusakannya atau sudah tidak ada tambahan kerusakan saraf mata lagi(stabil). demikian penjelasan dari saya, segera periksakan lagi mata anda.
Salam

Mata iritasi? :jawaban utk Ye2n
written by dr.RetnoEkantini SpM. MKes, October 13, 2008
Halo Ye2n!
Maaf baru bisa menjawab sekarang, tentang keluhan mata kanan perih dan mata kiri kabur, kemungkinan akibat dari kacamata yang tidak cocok atau memang ada iritasi mata misalnya terdapat radang selaput lendir mata akibat alergi dan kekeringan mata.Jika penyebabnya alergi maka akan diberi obat anti alergi, jika karena kekeringan air mata akan diberi air mata buatan berupa tetes mata, sedang jika disebabkan ukuran kaca mata maka akan diberi resep kaca mata untuk mengganti lensa kaca mata. Sebaiknya periksa lagi ke dokter mata, jangan putus asa karena kadang2 harus beberapa kali periksa baru ditemukan penyakitnya. Kalau perlu cari second opinion ke dokter mata yang lain, hal itu merupakan hak pasien.
Selamat berobat, harus optimis!
dr.Retno Ekantini SpM, MKes

saya sakit mata jenis apa?
written by Linda , October 20, 2008
Saya sudah lama menderita sakit di mata ,mata saya rasanya perih,kalau dilihat dikaca warna mata di bagian putih butek dan kemerahan,urat mata warna merah jg kelihatan(yg halus),terkadang mata jg lihat sesuatu jd buram,badan jg rasanya cepat capek,bagun pagi selalu pegal2,di bagian hati/dada terkadang sakit(tp tdk sering),dulu pernah cek di dokter mata, dokter itu bilang mata saya cuma ada sedikit lecet mungkin krn waktu gatal sering di kucek2, sehingga terjadi infeksi,saya cuma dikasih tetes mata. tp tdk sembuh sampai sekarang masih sakit,bagian kantung mata saya jg sedikit bengkak(krn rasa sakit dibagian dlm mata),saya tekan kantung mata itu , didlm,nya spt ada benjolan kecil.Saya mohon di jelaskan kira2 saya mengidap sakit mata apa? Sebelumnya terima kasih .

Linda

Timol, hanya untuk glaukoma?
written by Benny, October 20, 2008
baru-baru ini sayamendapat keluhan: bola mata kanan pegal disertai sakit kepala ringan,.Anehnya hampir setiap kacanata ninus plus saya dilepas, gejala tadi mereda. Setelah ke dokter mata, saya diberi pil anti sakit dan tertes mata timol. Apakah dengan diberinya obat tetes Timol berart saya emang terkena glaukoma sudut terbuka? Terimakasih

saya ini sakit mata apa??
written by Tommy, October 22, 2008
setahun yang lalu kedua mata saya tiba2 sakit seperti kelilipan serangga, tapi semenjak saat itu, kepala jadi sering pusing, mulai ada kabut dan bayangan dalam mata yang tiap hari saya rasa semakin bertambah,, tidak mengurangi penglihatan, hanya mengganggu saja. abang saya penginap glukaoma, apa saya juga terkena?? sudah 2 kali saya cek ke aini dan uki, katanya tidak terkena,,, jadi sebenarnya sakit apa?? thx

Jawaban utk Linda
written by dr.RetnoEkantini SpM. MKes, October 23, 2008
Halo Linda,
Sebenarnya saya perlu tahu anda umur berapa, tetapi akan saya jawab secara umum saja. Keluhan yang anda ceritakan tadi mengarah ke tanda2 sindroma mata kering, Sindroma (kumpulan gejala) tadi sering diderita oleh orang berumur 40 keatas akibat dari mulai berkurangnya jumlah dan kualitas airmata. Penyebabnya tidak hanya karena umur, tetapi dapat juga disebabkan oleh udara lingkungan yang kering, berdebu & panas, atau berada di ruang ber AC. Sebaiknya diperiksakan untuk ditentukan pengobatan yang cocok.
dr. Retno Ekantini SpM, MKes

...
written by hil, October 23, 2008
Assalamualaikum
Bu mata saya skrg minus 5.50 sblah kanan, kiri 5.25, pertama kali pk kacamata thn 98 dengan minus mata kanan - kiri sama yaitu 4.50, usia 25 tahun dan penderita glaukoma, ygsaya mau tanyakan :
1. Benarkah mata dengan minus lbh dari 5 menambah resiko parahnya glaukoma (kerusakan sarf mata)?
2. Bisakah minus mata saya dikurangi dengan prosedur lasik?
3. Bolehkah saya memakai lensa kontak krna rasanya dah bosan juga pake kacamata?
4. Adakah solusi terbaik untuk mata saya dok?
Trimakasih atas jawabannya bu..Wassalamualaikum

...
written by YANWAR, November 02, 2008
Anggota keluarga saya ada yang menderita glukoma. Saya ingin bertanya
# di rumah sakit mata Dr. Yap ini, siapa sajakah dokter ahli khusus mengobati glukoma?

# Saya ingin bertanya berapa kira-kira besar nya biaya yang harus saya keluarkan untuk menyembuhkan glukoma tersebut?

# Dan jika saya, berobat ke RSM Dr. Yap ini apakah saya mendapat jaminan 100% anggota keluarga saya tersebut dapat melihat kembali, meski ketika saat anggota keluarga saya melihat nanti masih agak pudar atau buram atau kabur, yang penting tidak hitam gelap sekali seperti sekarang ini?

tlg dibalas comment saya ini secepatnya. saya harapkan anda membalas saya langsung via email ke: YANWARPM@yahoo.co.idAlamat e-mail ini telah dilindungi dari tindakan spam bots, Anda butuh Javascript dan diaktifkan untuk melihatnya

terima kasih yang sebesar-besarnya.

tanya
written by suparman, November 03, 2008
seseorang yang saya kenal sudah difonis glukoma oleh dokter dan beliau dikasih resep yang katanya harus minum obat resep tsb seumur hidup, yang saya tanyakan apakah memang benar penyakit glukoma tidak dapat disembuhkan secara permanen tanpa harus minum obat seumur hidup?
mohon penjelasan,dan atas perhatian dokter saya sampaikan terima kasih...(suparman)

Jawaban utk Benny: Timol khusus utk glaukoma ?
written by dr.RetnoEkantini SpM. MKes, November 03, 2008
Salam Pak Benny, maaf baru bisa jawab sekarang.
Menilik gejala yang mereda setelah kaca mata dilepas, kemungkinan besar disebabkan oleh ukuran kacamata yang sudah tidak cocok lagi, Untuk mata minus karena kelebihan ukuran minusnya, tetapi untuk mata plus kekurangan plusnya, Timol biasanya diberikan untuk menurunkan tekanan bola mata. Penurunan bola mata diperlukan pada mata glaukoma atau sebelum operasi mata jika diperlukan tekanan yang rendah. Sebaiknya dilakukan pemeriksaan penunjang untuk menegakkan diagnosis penyakit glaukoma yaitu:pemeriksaan lapang pandangan, pengukuran tekanan bola mata atau OCT (optical coherence tomography) untuk melihat kondisi serabut saraf mata.
Semoga bermanfaat.
dr.Retno Ekantini SpM, MKes

Jawaban utk Tommy: sakit apa?
written by dr.RetnoEkantini SpM. MKes, November 03, 2008
Halo Tommy,
Kemungkinan glaukoma masih ada, sebaiknya kontrol tiap tahun ke spesialis mata. Tentang keluhan mata kabur dan melihat bayangan hitam/abu2 yang bergerak-gerak mengikuti gerakan mata, kemungkinan penyakitnya adalah adanya peradangan di mata bagian belakang. Jika memang ada peradangan maka harus segera diobati supaya penglihatan tidak terganggu, kalau bayang2 bertambah banyak akan menutupi pandangan.
Selamat memeriksakan mata.
dr. Retno Ekantini SpM, MKes

Jawaban untuk Hil
written by dr.RetnoEkantini SpM. MKes, November 03, 2008
Assalamualaikum w.w
Langsung ke jawaban saja:
1. Mata minus bukan menambah parah kerusakan saraf, tetapi meningkatkan risiko terkena glaukoma. Keparahan penyakit glaukoma disebabkan oleh tekanan bola mata yang belum mencapai tekanan target ( biasanya mendekati 15 mmHg), penyakit badan yang menyebabkan aliran darah terganggu yaitu darah yang terlalu kental atau pembuluh darah yang menyempit, atau akibat stress yang lama. Maka perlu dilakukan follow up/ kontrol setiap 3 bulan untuk mengecek tekanan bola mata dan saraf mata.
2. Mata yang akan dilakukan operasi LASIK harus memenuhi syarat2 tertentu antara lain ketebalan kornea yang cukup. Glaukoma sebenarnya merupakan kontraindikasi tetapi tidak mutlak, ada pertimbangan tersendiri untuk penderita glaukoma dan perlu pengawasan yang ketat.
3. Boleh memakai lensa kontak asal sesuai aturan/disiplin, yang paling aman adalah kacamata.
4.Yang penting untuk mata anda adalah mencegah progresivitas glaukomanya dengan cara kontrol teratur, sehingga mata dapat dipertahankan sampai seumur hidup.
Semoga bermanfaat.
dr.Retno Ekantini SpM,MKes

Jawaban utk Yanwar dan Suparman
written by dr.RetnoEkantini SpM. MKes, November 03, 2008
Selamat malam,
Kebetulan pertanyaan anda berdua intinya sama, jadi sekalian saya jawab bersama. Khusus untuk Yanwar pertanyaan 1 & 2 akan dijawab melalui e-mail.
Memang benar penyakit glaukoma tidak dapat disembuhkan kaena yang rusak adalah saraf mata. sampai saat ini belum ada pengobatan untuk mnyembuhkan saraf yang sudah rusak. Pengobatan untuk penderita glaukoma(dapat berupa pil atau tetes mata) bertujuan untuk mempertahankan saraf yang masih sehat/berfungsi, meskipun tinggal remang2 untuk melihat. Jika obat dihentikan maka proses kerusakan saraf akan berlangsung lagi sehingga dapat terjadi kebutaan permanen, sehingga penderita glaukoma dan keluarganya perlu diberikan pengertian tentang pengobatan glaukona yang harus seumur hidup. Makin awal ditemukan glaukoma, makin baik prognosis/harapan dapat tetap berfungsi penglihatannya,
Demikian penjelasan saya, semoga dpat bermanfaat bagi semua.
Salam.
dr.Retno Ekantini SpM, MKes.
glaukoma
written by mauris, November 05, 2008
Dok, saya berumur 18 thn. saya mempunyai keluhan, saya jika mlihat suatu bnda, bnda it mnjd dua/dobel,dok. apkah sya jg trmasuk pnderita glaukoma ? sya sdh berobat dan dokter blg sya glaukoma dok. lalu gimana ?
mata saya knp?
written by imel, November 06, 2008
saya pemakai softlens.krn mata saya kering pas make softlens saya teteskan saja dg obt tetes mata,apakah berbahaya memakai obt tetes mata pas lg memakai softlens?soalnya urat mata saya jadi memerah setelah saya memakai softlens yg ditetesi obat mata itu...ada apa dg mata saya?saya jd takut utk pake softlens.bagaimana solusinya?makasih
kontak lens
written by MEME, November 06, 2008
halo dokter,apakah berbahaya meneteskan obat tetes mata (visine,rohto.dll)pd saat kt memakai kontak lens?klo berbahaya gmn solusinya?knp ya klo kelopak mata atas ditarik ada garis garis seperti urat yg bwarna merah,kya bercabang garisnya,pdhal menurut saya sebelumnya tdk ada,.makasih..
Utk Mauris: melihat dobel bukan tanda glaukoma
written by dr.RetnoEkantini SpM. MKes, November 06, 2008
Halo Mauris,
Penglihatan dobel disebut juga diplopia, yang paling sering adalah merupakan pertanda adanya ketidakseimbangan kerja otot2 penggerak mata,akibat kelainan saraf penggerak otot mata atau adanya kelainan pada ototnya sendiri. Selain itu juga bisa disebabkan adanya kelainan refraksi/pembiasan, misalnya akibat dari berubahnya index bias suatu media refrakta/ media pembiasan (kornea, humor akuos, lensa, badan kaca). Jika dokter anda sudah mendiagnosis glaukoma tentunya berdasarkan adanya tanda2 penyakit glaukoma. Jadi sebaiknya diterapi glaukomanya dan diperiksakan melihat dobelnya ke spesialis mata bagian neuro oftalmologi. Semoga bermanfaat.
dr. Retno Ekantini SpM, MKes
kelainan mata
written by mauris, November 08, 2008
Terima kasih dok, atas sarannya.Pernah teman saya menganjurkan saya meminum noni juice, apakah itu jg akan mengganti sel2 yg rusak/mati ?krn mata saya yg anda sebut dgn diplopia ? menurut dokter apakah dokter jg mnyarankan saya mminum noni juice yg mmang sdah terbkti dpat mnymbuhkan brbgai pnyakit sprti yg plg brbhaya skalipun tmor/knker..?
Utk Meme & Imel: pakai obat dg lensa kontak
written by dr.RetnoEkantini SpM. MKes, November 13, 2008
Selamat malam, Meme & Imel
Pemakaian obat tetes padapemakai lensa kontak dapat menyebabkn pengendapan zat2 yang ada dlm obat tersebut pada permukaan lensa kontak sehingga menyebabkan kerusakan permukaan lensa kontak,akibatnya mugkin bisa kerusakan kornea. sebaiknya dilepas dulu jika akan memakai tetes mata.
dr. Retno Ekantini
Utk Mauris lagi: noni juice
written by dr.RetnoEkantini SpM. MKes, November 13, 2008
Halo Mauris,
Tentang noni juice saya tidak tahu isi, efek secara medis dan efek sampingnya, jadi tidak bisa menjawab pertanyaan anda, mohon maaf.
dr. Retno Ekantini SpM. Mkes
Seputar Glaukoma
written by berlian, November 28, 2008
Saya mau nanya nih... Mama saya udah di vonis dokter terkena Glaukoma. Tetapi dokter yang ada di Medan sama sekali belum ada tindak pencegahan lebih lanjut, atau contohnya menyarankan operasi atau laser untuk mencegah semakin memburuk. Malahan hanya di beri obat yang biasa aja. Dan sekarang mama saya semakin mengeluh dengan mata nya. bisa kasi saya saran gak kemana saya harus bawa mama berobat yang tepat, dan kalo di rumah sakit ini berapa kira - kira biaya yang harus kami sediakan.
terima kasih atas responnya ya...
: )
Jawaban utk Berlian: seputar glaukoma
written by dr.RetnoEkantini SpM. MKes, December 01, 2008
Halo Berlian,
Tentang mama anda, jika memang menderita glaukoma maka ada beberapa hal yang perlu di follow-up yaitu:
1. Pastikan tekanan bola mata sudah turun sekitar 30%-50% dari tekanan awal.
2. Awasi/periksa tekanan tersebut tiap 3 bulan.
3. Awasi apakah masih terjadi progresifitas/ kerusakan lebih lanjut dengan cara diperiksa lapang pandangannya.
Jika masih terjadi progresifitas maka tekanan bola mata perlu diturunkan lebih rendah. penurunan tekanan bola mata bisa dengan obat2an saja atau dengan operasi. Mengenai biaya, tergantung tindakan apa yang diperlukan.
...
written by ikayat, December 06, 2008
apakah glukoma sembuh
glaukoma 8 tahun yang lalu
written by Abdillah Nurahwan, December 11, 2008
Dokter yang terhormat,

Istri saya didiagnosa uveitis 9 tahun yang lalu, akibat uveitis tsb, 8 th yang lalu istri saya di operasi katarak dan glaukomanya (2 matanya) dan hasilnya lumayan bisa melihat kembali. Namun sekarang mata kanannya kembali kabur kembali hingga tidak bisa melihat, hanya bayangan saja. Pertanyaan kami :
1. Kami harus berkonsultasi ke bagian mana di RSM. YAP INI ?
2. Apakah kabur krn glaukoma mata kanan istri saya bisa pulih lagi ? Bagaimana caranya ?
3. Apakah Uveitis itu bisa di deteksi dengan alat kedokteran yang ada ?
4. Mohon penjelasannya agar kami dapat segera berkonsultasi lagi ke RSM. YAP ?
Terima kasih, alamat e-mail saya : must_one_ego@yahoo.comAlamat e-mail ini telah dilindungi dari tindakan spam bots, Anda butuh Javascript dan diaktifkan untuk melihatnya
Glaukoma sembuh? jawaban utk Ikayat
written by dr.Retno Ekantini SpM.MKes, December 18, 2008
Glaukoma merupakan penyakit yang merusak saraf mata. Kerusakan yang terjadi tidak dapat sembuh/normal lagi, tapi glaukoma dapat diatasi sehingga tidak merusak saraf lebih lanjut.
Glaukoma karena uveitis. jawaban utk Bp Abdillah
written by dr.Retno Ekantini SpM.MKes, December 18, 2008
Selamat malam,
Uveitis adalah peradangan mata bagian dalam/peradangan uvea. Memang salah satu penyebab glaukoma sekunder adalah uveitis, karena uveitis menyebabkan terganggunya sistem pembuangan humor akuos sehingga mengakibatkan tekanan bola mata naik. Jika uveitis sudah sembuh glaukomanya bisa ikut sembuh, kecuali sudah ada kerusakan permanen.menjawab pertanyaan 1: sebaiknya konsultasi ke bagian External Eye disease dan glaukoma. Pertanyaan ke 2: kerusakan saraf oleh glaukoma tidak dapat sembuh, obat2 hanya mencegah kerusakan lebih lanjut.Pertanyaan ke 3; Uveitis dapat dideteksi dengan alat yang dipunyai oleh setiap speialis mata yang praktek, hanya kesembuhannya tidak memuaskan, sering kambuh. Sebaiknya diperiksa dulu apa penyebab turunnya tajam penglihatan.
penyakit mata jenis apa
written by arif, December 21, 2008
saya merakan mata saya semakin lama semakin berkurang,saya sudah coba ke dokter mata katanya sarafnya,sudah di coba ukur untuk penggunaan kacamat kata terlalu besar kurangnya.saya pernah ked dokter dan hanya diberi obat rutin setiap 2 minggu saya harus periksa tapi tidak ada perubahan,makanya saya hentikan
kira2 sakit apa ya dok saya
jawaban utk Arif
written by dr.Retno Ekantini SpM.MKes, December 22, 2008
Selamat malam,
Berdasarkan data yang anda sebutkan maka kemungkinan kelainan mata anda terdapat di retina atau saraf mata atau saraf di belakang mata.Retina adalah lapisan yang berfungsi menerima sinar kemudian mengubah rangsang cahaya menjadi rangsang listrik yang akan dibawa oleh saraf mata ke otak untuk ditafsirkan. Untuk memastikan harus dilakukan pemeriksaan2 misalnya pemeriksaan lapang pandangan, foto retina, scanning saraf mata dll. Sebaiknya segera periksa ke RS Dr. Yap sub bagian retina supaya dapat ditentukan penyakitnya sehingga jika memungkinkan dapat dicegah memberatnya penyakit.
dr. Retno Ekantini SpM.MKes
Myop Tinggi
written by Hogie, December 26, 2008
Dokter,

Anak Saya perempuan berumur 6.5 tahun, waktu periksa mata dengan menggunakan komputer terdeteksi -15 (cylinder 5), saat ini menggunakan kacamata -8 (cylinder 5) pada saat diperksa tekanan bola matanya 19, namun saat kontrol lagi 2 minggu kemudian tekanan bola matanya menjadi 26, apakah ketegangan menyebabkan peningkatan tekanan bola mata? saat ini diterapi dengan obat tetes mata B-Optima dan Azopt. apakah anak saya menderita glucoma?
Jawaban utk Hogie: Miop tinggi
written by dr. Retno Ekantini SpM, MKes, January 05, 2009
Salam Hogie,
berdasarkan keterangan anda kemungkinan anak anda menderita glaukoma, tetapi sebaiknya diperiksa kondisi saraf matanya apakah benar2 ada kelainan, karena pada penyakit glaukoma yang terkena adalah saraf mata. Juga perlu dicek fungsi penglihatannya jika anak sudah bisa kooperatif/bisa berkomunikasi dengan baik. Untuk mata miop sebaiknya tekanan bola mata sekitar 15 mmHg, jadi setelah memakai obat2 tsb harus diukur lagi tekanan bola matanya apakah bisa mencapai tekanan yang kita inginkan. Ketegangan memang bisa menaikkan tekanan bola mata tetapi hanya sekitar 2-5 mmHg. Yang penting adalah mempertahankan tekanan bola mata tetap rendah sehingga insyaAllah saraf mata tetap baik sampai seumur hidup. Semoga bermanfaat.
...
written by charlie, January 06, 2009
Dokter
saya pria umur 42 tahun kira-kira 1 bulan yang lalu mata sy sebelah kanan tiba-tiba buram, sy ke dokter mata diperiksa kemudian dikasi obat tetes dan tablet juga antibiotik, untuk 5 hari, sy lupa nama2 obatnya, setelah obat habis mata saya tidak ada ada perobahan sama sekali bahkan kalau melihat seperti ada lingkaran di tengah, selanjutnya saya konsul ke dokter di Jkt Eye Centre bola mata saya discan dari gambar tsb terlihat jelas beda antara mata kanan dengan mata kiri dimana pada mata kiri permukaan cekung ke bawah sedangkan pada mata kanan cembung ke atas, ketika saya tanya dokter apakah ini glaukoma dia bilang tidak, hanya berupa cairan ketika saya tanya apa penyebabnya dia bilang karena depresi atau stress yg terakumulasi lama, untuk pengobatan saya diberi tablet glaucon dan aspar-k, juga obat tetes flamar. obat ini untuk 20 hari. yang ingin saya tanyakan apakah sy menderita glaukoma?, jika ya kenapa dokter tidak jujur saja' obat glaucon ini apakah obat untuk glaukoma, obat tetes yang diberikan waktu saya baca keterangannya cenderung diberikan kepada org yang baru dioperasi, apa tidak salah karena saya tidak dioperasi. mhn bantuannya dokter. terima kasih
Tanya jenis penyakit mata
written by Yudho, January 07, 2009
Saya pria usia 30 tahun memiliki keluhan pada mata:
Pada pandangan Mata seperti terdapat bola-bola bulat kecil warna bening yang jumlahnya banyak dan naik turun mengikuti kedipan mata.
Hal tersebut akan makin kelihatan jika melihat pada objek yang jauh apalagi berwarna putih dan dalam posisi jalan, misal naik kendaraan.
Keluhan tersebut sudah lama saya rasakan dan pernah saya bawa ke dokter mata, penjelasannya karena air mata kotor, saya diberi obat tetes mata (maaf lupa merk dan jenisnya) tapi tidak ada perubahan.
Mohon penjelasan dokter
Terimakasih
Mohon Bantuannya
written by Hapsoro, January 11, 2009
Saya memiliki ibu yang kata dokter terkena glaukoma, karena ibu saya punya penyakit diabetes yang sudah menyerang mata. Pertanyaan Saya :
1. Bisakah mata ibu saya normal kembali, karena sepertinya penglihatannya sudah tidak dapat melihat kembali?
2. Apakah operasi mata berbahaya untuk penderita diabetes?
3. Berapakah biaya untuk operasi tersebut, beserta pengobatannya?
Mohon bantuan dan informasinya, karena saya sudah tidak tega melihat keadaan ibu saya..terimakasih
jawaban utk Charlie: glaucon hanya utk glaukoma?
written by dr. Retno Ekantini SpM, MKes, January 15, 2009
selamat malam Charlie,
Saya memahami betapa gelisahnya anda setelah membaca tetang obat2 glaucon dan flamar. Saya yakin dokter tersebut tidak bohong karena anda sudah dilakukan scanning mata, dengan scan tersebut dapat diketahui kelainan apa yang ada di retina dan saraf mata. Berdasarkan info anda, saya yakin kelainannya adalah pembengkakan retina bagian sentral/pusat penglihatan. Obat yang biasanya diberikan memang golongan acetazolamide, misalnya merek glaucon dan diamox. Obat tetes flamar adalah anti pembengkakan sehingga saya kira cocok untuk kondisi anda. Penyakit anda sebagian besar akan sembuh sempurna dalam waktu 3 bulan asal tidak diperberat dengan stress fisik atau psikis. Jangan lupa kontrol lagi untuk ditentukan apakah obat perlu dilanjut atau tidak. Semoga segera sehat kembali.
jawaban utk Yudho
written by dr. Retno Ekantini SpM, MKes, January 16, 2009
Selamat siang Yudho,
Berdasarkan gejala yang anda sebutkan tadi, kemungkinan besar kelainannya terletak di badan kaca yaitu bagian dalam bola mata yang berbentuk gel/jelly. Terdapat sejenis sel atau cairan yang seharusnya ada di badan kaca tetapi masuk ke badan kaca sehingga menimbulkan keluhan melihat benda2 bergerak seakan didepan kita. Benda tersebut sangat sulit untuk diambil, harus dengan operasi besar dan banyak risiko. Biasanya dokter hanya akan memberi obat untuk menghentikan proses bertambahnya benda2 tsb sehingga tidak bertambah banyak. jika sampai menutupi penglihatan sehingga pasien tidak dapat melihat maka baru dipertimbangkan untuk operasi. Penyebab yang paling sering adalah infeksi mata bagian dalam. Yang penting jaga tubuh supaya tidak kecapaian sehingga badan kita cukup kuat melawan infeksi2 yang masuk tubuh kita. Semoga bermanfaat
Jawaban utk Hapsoro
written by dr. Retno Ekantini SpM, MKes, January 17, 2009
Selamat sore Hapsoro,
Mengenai kondisi ibu anda yang menderita glaukoma akibat diabetes saya ikut prihatin. Glaukoma oleh sebab apapun akan merusak saraf mata sehingga mata tidak dapat digunakan untuk melihat. Yang dapat dilakukan oleh dokter mata hanyalah berusaha mempertahankan penglihatan yang tersisa, tidak dapat memperbaiki saraf yang rusak. Untuk mempertahankan saraf mata bisa dengan obat2an saja atau operasi. Jika saraf mata sudah rusak total maka yang dapat dilakukan hanya mencegah supaya tidak terasa sakit saja, biasanya dengan obat. Jika kondisi saraf ibu sudah rusak maka tidak dapat pulih kembali meskipun dengan operasi. Demikian keterangan saya, semoga bermanfaat.
...
written by nnn, January 23, 2009
maaf dokter suami saya terkena glaukoma kronis sudah diberi obat oleh dokter mata Isotic Adretor 0.50 %, Cendo Carpin 2 %, Glaupen (Cendo Monodose), Aspar K, Gloucon, mata sebelah kanan sudah tidak nampak(Buta) mata sebelah kiri sudah kena juga. apa Glaukoma Kronis bisa sembuh dan apa ada cara lain selain minum obat dan pakai obat tetes. Trimakasih Banyak. Atun Tanjungpinang- Kepulauan Riau (Bintan)
...
written by atun, January 28, 2009
Maaf Dokter saya tunggu jawaban Dokter ya untuk masalah suami saya tersebut. Terimakasih Banyak Dokter atas tanggapan dan saran Dokter. Atun Tanjungpinang- Kepulauan Riau (Bintan)

donor mata
written by oci, January 29, 2009
dokter,,

saya mempunyai seorang teman yang sudah 3 tahun belakangan ini menderita glaukoma, dan saat ini ia telah mengalami kebutaan total..

apakah masalahnya itu dapat diatasi dengan donor mata?? mungkinkah dengan begitu ia akan dapat melihat lagi??

terimakasih
mohon bantuannya
written by atun, January 29, 2009
Apa kabar Dokter. Suami saya terkena glaukoma Kronis mata sebelah kanannya sudah tidak nampak. tinggal mata sebelah kiri itupun sudah tertular. Oleh Dokter mata suami saya diberi obat tetes mata yaitu Glaupen (Cendo Monodose), Isotic Adretor 0.50 %, Cendo Carpin 2 %, dan Obat Gloucon dan Aspar K. Apa glokoma ada obatnya dan apa mata suami saya bisa sembuh, karena Dokter bilang Penyakit Glukoma tidak ada obatnya dan tidak bisa sembuh. Dan apa ada pantang larang makan dan apa tidak boleh bergadang. Terimakasih Banyak atas bantuannya.
Mohon Bantuannya
written by atun, February 03, 2009
Gimana Dokter tentang pertanyaan saya kemarin kira-kira apa ya tanggapan Dokter tentang keluhan penyakit glaukoma kronis suami saya. Terimakasih banyak ya Dokter semoga tanggapan Dokter bisa membantu.
...
written by nald, February 09, 2009
ehmm..gini...temen ma2q ada yg kena glukoma...trz mata yg satu udah g bs liat gitu..yg satu masih bisa..d rs. yap bs ga nyembuhin matanya??yg buta jd ngliat lg gitu??ato yg satunya bs sembuh..jgn sampe 2-2 nya g bs ngliat gitu..setidaknya salah satu msh bs ngliat..
truz brp juga biaya yg hrs dikeluarin??
...
written by LIA, February 10, 2009
adik saya terkena glaukoma. mata sebelah kanan setelah diperiksa penglihatannya tgl 15%.sedangkan sebelah kiri ikut terserang glaukoma? apakah mata kanan adik saya tidak bisa pulih? dan apakah mata sebelah kiri masih bisa sembuh? apakah boleh minum obat2an yang mengandung vitamin?
Jawaban utk ibu Atun
written by dr. Retno Ekantini SpM MKes, February 12, 2009
Selamat malam ibu Atun,
Maaf baru sekarang saya jawab email anda. Tentang suami yang menderita glaukoma, jangan putus asa karena glaukoma meskipun tidak dapat disembuhkan tapi dapat dicegah kebutaannya dengan cara memonitor secara ketat tekanan mata dan kondisi saraf mata, terutama yang sebelah kiri. Banyak pasien glaukoma yang tinggal 1 mata tapi tetap dapat berkehidupan normal dengan mata yang satunya. Tekanan mata yang biasanya aman adalah antara 10-15 mmHg, untuk mengetahui sudah aman atau belum maka perlu pemeriksaan secara detail saraf mata, kalau bisa menggunakan alat yang sensitif misalnya OCT (Optical Coherence Tomography). Pemeriksaan tersebut perlu diulang setelah 6 bulan untuk mengetahui apakah masih ada pertambahan kerusakan saraf mata.Selain itu lapang pandangan juga diperiksa untuk mengetahui fungsi dari saraf mata tersebut. Minum vitamin boleh saja. Demikian semoga bermanfaat, segera saja datang ke klinik mata/rumah sakit yang mempunyai peralatan lengkap.
Dr. Retno Ekantini SpM, MKes.
...
written by lady, February 13, 2009
maaf, agak out of topic. Tp ini jg ttg gangguan di mata. Pekerja di tempat saya mengalami kasus sbb : tepat di sblh bolamata terdpt benjolan (di bgn putih)disertai dg pmbuluh darah yg agak panjang dan menonjol, berwrn merah. Tdk terasa apa2, hanya airmata sering keluar. Sdh seminggu, sblmnya hanya merah2 spt iritasi. Klo boleh dokter simpulkan itu gejala apa, dan apakah menular. Hrs diapakan ya dok? Tks

terimakasih
written by atun, February 18, 2009
terimakasih ya dokter atas tanggapannya, semoga bermanfaat buat suami saya. memang saya pernah membawanya kontrol ke Rumah Sakit Awal Bros Batam. dan rencananya bulan depan saya mau bawa lagi.
mata
written by fauziah zakaria, February 18, 2009
pandangan saya kabur dan saya tidak dapat melihat cahaya secara terus saya pasti akan ternampak kunang-kunang(kerdipan cahaya). Kini pada pandanganmata saya sering terlihat objek urat-urat yang semakin banyak . saya telah pun mendapatkan pemeriksaan doktor pakar. Beliau mengatakan saya terkena migrain pada urat saraf mata. saya risau kerana penglihatan saya semakin kabur dan tiada ubat yang dibekalkan dan saya mahu tahu kalau penyakit ini merbahaya dan apakah rawatan yang perlu saya ambil doc.
Utk Nald & Lia
written by dr. Retno Ekantini SpM MKes, February 19, 2009
Selamat malam Nald & Lia,
Jawaban anda berdua saya jawab besama karena persoalan anda mirip. Mata yang kena glaukoma akan rusak saraf matanyasehingga tidak dapat berfungsi untuk melihat. Kerusakan saraf bersifat permanen tidak dapat disembuhkan, yang dokter usahakan adalah mencegah bertambah parahnya kerusakan, syukur kalau mata satunya masih baik. Jika tidak diobati terus menerus penyakit glaukoma bersifat progresif makin lama makin merusak saraf mata, maka dukungan seluruh keluarga sangat penting supaya penderita bisa dan mau terus berobat, baik dukungan moril maupun materiil. Bagi keluarga glaukoma harus waspada karena glaukoma sebagian besar merupakan penyakit keturunan, makin cepat ketahuan makin baik harapan untuk dapat berfungsi seumur hidup.
Semoga bermanfaat
dr.Retno Ekantini SpM, MKes
Jawaban utk Lady
written by dr. Retno Ekantini SpM MKes, February 19, 2009
Salam Lady,
berdasarkan data dari anda masih banyak kemungkinan yang dapat saya sampaikan, pertama benjolan itu merupakan penebalan selaput lendir akibat terlalu banyak kena angin, debu atau udara kering. Penyakitnay disebut pingueculitis. Yang kedua, bisa juga merupakan tumor selaput lendir mata, ketiga mungkin suatu timbunan cairan di bawah selaput lendir mata. Sebaiknya segera diperiksakan ke dokter mata agar bisa diketahui penyakit yang sebenarnya dan mendapat penanganan yang sesuai.
Salam
dr. Retno Ekantini SpM, MKes.
Utk Fauziah Zakaria
written by dr. Retno Ekantini SpM MKes, February 19, 2009
Selamat malam Fauziah,
Berdasarkan keterangan anda kemungkinan memang ada gangguan pada saraf mata atau retina. Saya kurang jelas dengan istilah migrain mata, saya pikir mungkin itu penyempitan pembuluh darah retina. Cobalah periksa lagi ke lain dokter untuk mendapatkan second opinion. Demikian Fauziah, maaf mungkin tidak dapat memuaskan karena saya tidak tahu kondisi mata anda. Segera periksa lagi ya!
Salam
dr. Retno Ekantini SpM, MKes
donor mata
written by oci, March 06, 2009
dokter, bagaimana dengan jawaban atas pertanyaan saya tertanggal 29 Januari 2009??

apakah glaukoma dapat diatasi dengan donor mata??
Utk Oci: donor mata utk glaukoma
written by dr. Retno Ekantini SpM. MKes, March 09, 2009
Selamat malam Oci,
Maaf ya pertanyaanmu terlewatkan. Pada penyakit glaukoma yang rusak adalah saraf optik/saraf penglihatan/saraf mata. Pencangkokan yang dapat dilakukan saat ini hanya pencangkokan kornea mata, bukan saraf mata sehingga belum ada yang bisa membantu penderita glaukoma yang terlanjur buta. Yang paling penting bagi keluarga glaukoma adalah periksakan diri segera supaya dapat dicegah kerusakan saraf matanya. Demikian Oci semoga bermanfaat.
operasi glaukoma
written by yozi, March 12, 2009
selamat pagi dok, ibu saya (64 thn dan hipertensi)menderita glaukoma, sudah 1 thn diberikan 2 obat tetes dan obat yg diminum.tapi masih sering naik turun.mata kanan malah sudah buta, yang kiri luas pandang sudah sangat sempit.yang saya tanyakan kalau operasi apa resikonya? ibu saya takut kehilangan penglihatan mata kiri sehingga jadi buta total. dan apa kalau sudah dioperasi masih harus memakai obat2an seperti sebelum operasi? ibu saya juga sering pusing, mual sampai muntah2.apa itu juga karena glaukomanya?
terimakasih sebelumnya dok.
ST., MT
written by Supriyatna, March 13, 2009
Saya 38 di Mataram tahun saat ini sedang menjalani pemeriksaan mata, mata kanan saya agak rabun. Bila melihat layar proyektor akan terlihat berbayang, hal ini karena mata kanan saya yang jarak pandangnya tidak sama dengan mata kiri. Lima/enam bulan lalu saya konsultasi ke dr SpM. dan diberi obat tetes vitamin mata dan disuruh kontrol 3 bln lagi. setelah kontrol tidak ada perubahan, dengan beberapa ukuran kaca mata pun tidak ada perubahan. Dan hasil observasi dokter saya dirujuk ke rumah sakit di Denpasar dengan hasil diagnosa CSCR untuk di tindak lanjuti dengan FA dan laser.
Pertanyaan saya ? Apakah pengobatan dengan sinar laser ini memang diperlukan dan apa akibat positif dan negatif laser tersebut?
Terima kasih banyak atas
...
written by norma, March 14, 2009
selamat pagi dokter, saya mempunyai kakak lelaki berusia 45 tahun. 2 bulan yang lalu terditeksi sakit mata glukoma jenis akut dengan tensi 35. penglihatannya mulai tidak jelas ( hanya bisa melihat separuh bagian tubuh saja misal kalau melihat hanya bisa atas saja atau bawah saja ).sekarang sedang menjalani perobatan dengan menggunakan obat tetes mata. yang saya tanyakan masih bisa kah penglihatan kakak saya kembali normal. dan hal- hal apa saja yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan agar penyakit matanya tidak bertambah parah?
Utk Yozi: operasi glaukoma
written by dr. Retno Ekantini SpM. MKes, March 19, 2009
Selamat malam Yozi, masalah mata ibu yang kanan memang sudah tidak dapat diperbaiki. Untuk mata kiri tekanan masih naik turun berarti tekanan tersebut masih terus merusak saraf mata kiri, yang makin lama makin habis serabut sarafnya. Jika obat2 tidak mampu menurunkan tekanan mata, maka itu merupakan indikasi operasi pembuatan lubang drainase cairan mata supaya tekanan mata bisa turun, sehingga saraf yang masih ada tidak tambah rusak. Operasi glaukoma tersebut memang ada resikonya yaitu pandangan jadi tambah kabur, kadang2 kalau lapang pandangan sudah sangat sempit justru bisa hilang sama sekali, itu terjadi kira2 pada 20 % (1 diantara 5)kasus operasi glaukoma pada lapang pandangan sempit.Komplikasi lain yang sangat jarang adalah infeksi mata bagian dalam, yang menyebabkan kebutaan, kira2 1 diantara 1000 operasi. Jika operasi berhasil, maka saraf mata yang masih ada tetap bertahan seperti sekarang ini dan kemungkinan tidak memakai obat2an lagi kecuali jika lubang menyempit dokter akan memberikan obat glaukoma lagi. jadi keputusan operasi atau tidak, diserahkan kepada pasien sendiri, berani atau tidak menghadapi resiko2 tersebut, jika dibiarkan tekanan tetap tinggi maka akhirnya pasti seperti mata kanan.
Demikian Yozi smoga bermanfaat.
Utk Supriyatna: Laser utk CSCR
written by dr. Retno Ekantini SpM. MKes, March 19, 2009
Selamat malam,
Saya akan mencoba jawab pertanyaan anda meskipun bukan tentang glaukoma. CSCR adalah tertimbunnya cairan di retina di daerah pusat penglihatan. FFA berguna utuk mengetahui dimana letak kebocoran cairan tersebut, sedangkan laser dimaksud untuk menutup/mengurangi kebocoran cairan tadi, sehingga paling tidak timbunan cairan tidak bertambah banyak dan CSCR tidak tambah parah. Segera saja ditindak lanjuti. Salam.
Utk Norma: glaukoma bisa normal lagi?
written by dr. Retno Ekantini SpM. MKes, March 19, 2009
Hallo Norma, penyakit glaukoma adalah penyakit yang merusak saraf mata, saraf yang sudah rusak tidak dapat kembali normal, jadi pengobatan glaukoma hanya untuk mempertahankan penglihatan yang tinggal separo supaya tidak menjadi buta total. Kuncinya adalah tekanan mata kakak harus mencapai tekanan aman yaitu sekitar 15 mmHg, jadi perlu kontrol rutin untuk mengetahui tekanan matanya dan dievaluasi apakah kerusakan saraf sudah berhenti atau belum. Hal yang dianjurkan adalah hidup sehat secara umum, kurangi stress dan olah raga ringan misalnya jalan kaki, senam atau sepeda statis. Penyakit lain yang diderita harus diobati dengan benar, misalnya tekanan darah, gula darah, kholesterol dinormalkan. O ya, yang penting adalah pemeriksaan mata untuk anggota keluarga yang ada hubungan darah dengan kakak, karena sebagian besar glaukoma merupakan penyakit keturunan, jika glaukoma ditemukan pada stadium dini maka mungkin saraf mata masih dalam kondisi baik. Demikian Norma, smoga keluarga lain tidak terlambat jika ada yang menderita glaukoma
Mohon Saran Untuk Bapak Saya Ada Glukoma dan Katarak
written by Bunda Hafidz , March 27, 2009
Selamat Siang Dok. Saya butuh bantuan dan saran dokter, Bapak saya sudah 1 tahun ini matanya sakit, awalnya pusing dan kalau lihat sinar warna nya putih. Setelah itu diperiksakan ke dokter menurut dokter Bapak saya kena Glukoma dan Katarak. Sudah 3 RS di Jakarta memberikan jawaban yang sama. Obatnya pun Tetes (Cendo) dan Oral. Menurut dokter harus di operasi, akan tetapi Bapak saya takut, hingga sekarang mencoba berobat alternatif lagi (krn sudah sering ke alternatif). Saya hawatir dok dgn alternatif bukannya menjadi lebih baik tapi malah bertambah parah dan mengalami buta. Saya mohon saran meyakinkan Bapak saya untuk mau menjalan kan operasi (Bapak saya takut di operasi, takut malah menjadi buta), baik dan buruk nya operasi serta baik dan buruknya alternatif. Krn sudah tidak tau lagi saya harus berbuat apa. Terima kasih atas saran dokter. Salam
Mohon Penjelasan
written by Atun, April 01, 2009
Maaf Dokter saya dapat informasi dari temen saya katanya penyakit glukoma kronis bisa diopersi. Operasi tersebut sifatnya menyembuhkan atau mempertahankan. Karena Suami saya seperti yang saya kemukakan dahulu bahwa yang sebelah kanan sdh tidak bisa melihat dan sebelah kirinya sudah terjangkit juga sudah kabur-kabur. Dan apa benar di rumah sakit Dr. YAP bisa dioperasi dengan sifat menyembuhkan atau mempertahankan. Terimakasih banyak. Saya tunggu jawabannya segera ya Dokter.

Jawaban utk Bunda Hafidz
written by dr. Retno Ekantini SpM, MKes, April 06, 2009
Selamat malam Bunda,
Tentang bapak yang menderita glaukoma dan katarak memang harus segera dioperasi untuk mencegah kebutaan. Glaukoma apapun sebabnya akan menjadi buta jika dibiarkan karena makin lama makin rusak saraf matanya, sebaiknya secepatnya diatasi glaukomanya. Operasi glaukoma dengan katarak bisa dilakukan sekaligus atau bertahap, operasi glaukoma dulu baru kemudian operasi katarak , pilihan 2 cara tersebut tergantung keputusan dokter mata setelah memeriksa kondisi mata bapak. Tentang pengobatan alternatif, selama saya memeriksa pasien glaukoma belum ada yang berhasil menyembuhkan glaukoma, biasanya datang lagi ke dokter dalam kondisi lebih buruk. Komplikasi operasi memang ada tapi sangat jarang, sehingga lebih banyak manfaatnya dari pada kerugiannya. Semoga bunda berhasil meyakinkan bapak untuk segera operasi. salam

Utk Ibu Atun: Operasi glaukoma
written by dr. Retno Ekantini SpM, MKes, April 06, 2009
Selamat malam ibu,
Tujuan operasi glaukoma adalah menurunkan tekanan bola mata sehingga proses kerusakan akibat tekanan yang tinggi tidak bertambah parah. Jadi sifanya hanya mempertahankan saraf yang masih ada, untuk bapak jika tekanan tidak dapat turun dengan obat2an maka sebaiknya dilakukan operasi. Di RS Mata Dr. Yap dapat dilakukan operasi untuk glaukoma, macam2 operasi glaukoma yaitu operasi trabekulektomi, pemasangan implan, iridotomi laser, trabekuloplasti laser dan siklokriodestruksi. Pemilihan cara operasi tegantung jenis glaukoma dan kondisinya.
Semoga bermanfaat.

...
written by Bambang, April 21, 2009
Assalamualaikum wr.wb
dok,umur saya 19 tahun. dan ketika umur 16 tahun yang lalu setelah periksa ke dokter saya dinyatakan menderita glaukoma. trus saya dianjurkan untuk kontrol mata tiap obat tetes mata saya habis. obat yang diberikan biasanya timol/ timolol. saya mennggunakan obat itu sampai saat ini selama 3tahun ini.Awalnya keluhan saya yang sangat mendasar adalah adanya bintik-bintik hitam yang melayang-layang pada pandangan saya. hal ini terlihat jelas saat saya melihat atau membaca dalam keadaan terang atau pandangan saya ketika melihat pada siang hari saat ada matahari. kata dokter ini adalah penyakit glaukoma. dan yang lebih saya khawatirkan penyakit ini tidak bisa disembuhkan. dan saya merasa terganggu akan bintik-bintik hitam tersebut.saya khawatir jika bintik-bintik hitam tersebut akan bertambah banyak dan menutupi pandangan. dokter juga pernah mengatakan bahwa bintik-bintik hitam itu tidak bidsa hilang, namun perbanyaklah makan buah-buahan dan sayuran. dok,apa yang harus saya lakukan untuk mengatasi hal ini?? Apakah penyakit saya ini bisa disembuhkan?? dan apakah ada solusi jalan terakhir untuk bisa menyembuhkan penyakit saya ini dok??
terima kasih,.

Mohon jawaban dan sarannya.
written by cherry, April 25, 2009
Dok,sy mau tanya nih,apakah ada resiko bahaya pada wanita dengan riwayat glaukoma jika akan melahirkan dengan normal,apakah mata akan bertambah kabur?dengan pertimbangan mata kiri sudah mengalami kebutaan,mata kanan telah berhasil diselamatkan dengan operasi dan masih melihat dengan minus 2 dan slinder 1,5.Apakah melahirkan dengan ceasar akan menjadi pilihan lebih baik?
terima kasih dok.

Saya Penderita Glaukoma Sembuh Berkat Tetes Mata Herbal
written by Tia Mahendra, April 26, 2009
Saya seorang penderita glaukoma. sekarang sudah bisa sembuh berkat tetes mata herbal radix vitae. Saya telah divonis untuk pengobatan seumur hidup dan nggak boleh punya anak lagi. Sekarang saya sudah punya anak kedua. Ikuti kisah saya di http://www.tokoradixvitae.blogspot.com

Mohon Penjelasan ulang
written by Atun, April 27, 2009
Maaf dokter terpaksa nanya lagi sehubungan dengan tanggapan dokter dulu. bahwa operasi mata sifatnya untuk mempertahankan saja. Suami saya sudah pernah dioperasi mata kirinya tapi tekanan bola matanya tetap saja tinggi walau sudah dikombinasi dengan pemakaian obat tetes mata Isotic Adretor 0,50 %, Cendo Carpin 2 %, Glaupen (Cendo Monodose) dan obat tablet Aspar K dan Glaucon untuk dokter ketahui suami saya terkena glaukoma kronis.Makasih banyak ya dokter semoga dokter tak bosan menanggapi pertanyaan saya.

Tentang Operasi
written by yogi, May 02, 2009
dok,saya didiagnosa glaukoma sejak 2003/2004.berusia 24th.ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan:
1. apakah glaukoma yang saya derita merupakan keturunan??memang ayah saya juga terdiagnosa glaukoma.tapi hal itu terjadi lama setelah saya&stadium ringan.kakek&nenek saya pun tidak ada riwayat glaukoma.
2.dari hal tersebut,apakah saya bisa sembuh total tanpa penggunaan obat seumur hidup dengan operasi?dokter saya selalu menyarankan agar dilakukan operasi dengan cara membuat saluran baru(kalau tidak salah).
3.saat ini saya menggunakan 3 jenis obat tetes, yaitu azopt,timol,xalacom.mengapa saya tidak bisa menggunakan 1 jenis obat saja?mengingat harga obat tsb cukup mahal untuk ukuran saya dan digunakan seumur hidup.
4.dokter saya mengatakan kalau glaukoma juga dapat resisten terhadap obat tetes bila dilakukan dalam jangka waktu lama/menggunakan tidak teratur.mengapa hal itu bisa terjadi?mengingat glaukoma bukan merupakan suatu virus/bakteri.
terima kasih

Saya Penderita Glaukoma Sembuh Berkat Radix Vitae
written by Tia Mahendra, May 05, 2009
Saya ingin berbagi kebahagiaan. saya adalah penderita glaukoma. sekarang bisa terbebas dari pengobatan rutin yang melelahkan dan menyakitkan setelah memakai obat tetes mata radix vitae. Baca kisah saya di http://www.tokoradixvitae.blogspot.com

bayi yang bebas glaucoma
written by san, May 08, 2009
suami saya menderita glaucoma.pertanyaan saya.apakah ada tehnologi yang bisa memisahkan gen yang bagus dan yang jelek sehingga keturunan kami bisa bebas dari glaucoma.terima kasih
...
written by Robby tirtosurjo, May 11, 2009
Siang Bu Dokter,

Saya mau tanya, apakah glaukona dapat disembuhkan? atau dpt dilakukan tindakan apa aja, dan mohon bantuannya untuk minta jadwal dokter spesialis glaukoma.

terimakasih

robby
jakarta

ketumbit di tepi dalam mata
written by Mala, May 19, 2009
Adakah ketumbit, ada yang mengatakan ia bisul mata berbahaya. Saya telah ke klinik pakar katanya tidak ada apa dan dia cuma memberikan ubat titis. Rakan2 dan saya sendiri geli melihatnya. Adakah ia bukan serius. Untuk pengetahuan ia tumbuh memanjang. badanya berwarna merah, berotot2 sedikit. Saya risau kepala pening memikirkan kerana cuma mendapat ubat titis. Boleh tak nasihatkan saya yang kerisauan ini.
...
written by Mala, May 19, 2009
Sebagai tambahan soalan di atas, apak fungsi steroid yang ubat mata itu?

rabun pd siang hari
written by adeirma, May 26, 2009
Selamat pagi dokter,

saya mau tanya, saudara kami ada yg sedang mengalami gangguan pd matanya, keluhannya baru bbrp bln belakangan ini...keluhannya adalah : dia mengalami gangguan penglihatan..mata menjadi kabur pd saat siang hari...object yg dilihatnya cenderung berwarna kuning...hal itu akan bertambah parah jika terkena sinar matahari langsung...namun pd malam hari..hal itu tidak berlaku, krn pd malam hari penglihatannya menjadi normal kembali.
Untuk gejala seperti itu...mungkin dokter bisa bantu untuk diagnosa nya???...terima kasih sblmnya

Salam
Adeirma
saraf mata putus?
written by latifa, May 26, 2009
assalamualaikum dokter, saudara saya umur 56 tahun, mata sebelah kanan tidak bisa melihat sama sekali, setelah berobat dinyatakan kalau saraf matanya putus, bagaimana ya dok agar bisa melihat dengan normal lagi, haruskah dioperasi? kalau dioperasi apa bisa di RS YAP? mohon penjelasan dari dokter.....terimakasih sebelumnya
wassalam
latifa

pandangan kabur
written by bayu , June 02, 2009
saya mau tanya dok..saya minus 3 dan silinder 1. beberapa bulan belakangan ini tidak bisa tidur, karena mata saya kunang-kunang. kalau melihat lampu di malam hari (spt berkendara motor) saya sering melihat cahaya warna biru keunguan (spt Aura),apa mungkin timbul akibat pantulan cahaya lampu dok?? sangat tidak nyaman, saya terkena floaters, dan saya juga sering melihat kilatan-kilatan cahaya, tapi pas saya chek ke dokter mata periksa retina ternyata retina baik-baik saja dok, sampai ganti 3 dokter, akhirnya saya memutuskan untuk foto retina dan syaraf, dan ternyata hasilnya retina dan syaraf mata saya juga bagus, tekanan bola mata saya normal dan gula darah saya juga normal, hanya saja kolesterol saya agak tinggi LDL 217 dan total kolesterol saya 278. saya juga bingung kenapa pas periksa minus mata ditutup satu pandangan malah kabur, seperti kabut hitam lama-lama tidak bisa lihat apa-apa, (ketika fokus lama-lama pandangan kabur "gelap", samapai berkedip baru bisa lihat lagi)ketika saya buka mata satunya baru bisa melihat lagi. kira-kira penyakit apa ya dok?? karena saya tiap hari tidak bisa tidur pulas, biasanya saya tidur posisi duduk.karena saat tidur berbaring mata saya kunang-kunang, ketika dipejamkan kunang-kunang juga masih ada, ketika saya bangun, penglihatan saya redup-redup, dan kunang-kunang banyak sekali. dan kalau lihat baju garis kecil-kecil itu seperti bergerak-gerak (spt di kamera tv yang tdk bs menerima efek garis-garis). trimakasih ya dok sebelumnya mungkin terlalu banyak pertanyaanya..

...
written by Lisa, June 04, 2009
Dok saya ingin bertanya,
beberapa minggu ini mata saya agak rabun, saya konsultasikan ke SPM, katanya gejala glukoma. terus terapi obat tetes mata.
setelah beberapa hari terapi muncul benjolan di kepala belakang bagian bawah belakang telinga dan rasanya sakit. yang saya ingin tanyakan apakah ini kontra indikasi dari obat tersebut ato gimana? dan apakah hal ini wajar saja kalo saya lanjutkan terapi obatnya?
mohon pencerahaannya.
salam,
lisa

Ibu saya kenapa???
written by Hendra, June 17, 2009
Assalamu'alaikum Dok...
saya mau tanya.suatu hari tepatnya 3 minggu yg lalu tiba-tiba ibu saya (59 th)kehilangan penglihatannya.lalu saya antar ibu periksa ke RS..lau ibu diperiksa dan dikatakan kalau saraf mata beliau rusak.saya kurang tau tepatnya seperti apa.karena dokter tidak mau bercerita detail karena tdk mau membebani pikiran saya (karena saya anak yatim)dan kami hanya tgl berdua.lalu dikatakannya kalau semua berawal karena ibu termasuk hypertensi.cuman saya semapat berbincang dan sy paksa spy dokter tsb mau bcrita.alhamdulillah ibu masih bs mlihat walaupn mgkin hny 5%.tetapi ibu tidak bs sembuh, lalu skg ibu diberi obat GLAUCON, dan sejenis tetes mata serta obat2 pengendali tek. darah...
YANG SAYA MAU TANYAKAN
1. APAKAH IBU SAYA MENDERITA SAKIT GLAUKOMA???
2. APAKAH BENAR IBU SAYA SUDAH TIDAK DAPAT LAGI DISEMBUHKAN??? SEKALIPUN DGN OBAT ATAU OPERASI????
3. KALAUPUN IYA, APA SAYA BISA TRANSPALTALSI UNTUK IBU SAYA??? DAN MEMBANTU UNTUK MEMULIHKAN KEMBALI PENGLIHATAN BELIAU????
MAKSIH DOK...SAYA MOHON JAWABANNYA...
WASS...

konsulatsi
written by cuya, June 26, 2009
pak.....sya mw tanya apakah penyakit glaukoma dapat disembuhkan ?? atau obat yg diberikan hnya untuk mengurangi rasa sakit....karena dosen saya pernah berkata obat glaukoma hnya untuk mengurangi rasa sakit....??

mas
written by chudri, July 17, 2009
Assalamualaikum...saya dr jkt..ibu saya glukoma di mata kiri..sudah lama berobat di RSAD jkt..hanya untuk bertahan supaya tdk tambah parah,penglihatanya mengecil tinggal se besar koin 500, saya mau minta tolong di beri gambaran ttg perkiraan biaya utk pengobatan tsb...bisa di email heribotak@hotmail.comAlamat e-mail ini telah dilindungi dari tindakan spam bots, Anda butuh Javascript dan diaktifkan untuk melihatnya atau indothermal@yahoo.co.idAlamat e-mail ini telah dilindungi dari tindakan spam bots, Anda butuh Javascript dan diaktifkan untuk melihatnya terima kasih banyak sebelumnya...

glikoma kakak saya
written by budhi, July 18, 2009
saya mau tanyakan tentang sekitar obat yang saya lihat dibeberapa website, yaitu tentang obat Tahitian Noni yang dikatakan dapat menghidupkan syaraf2 yang telah rusak dan mati,yang ingin saya tanyakan adalah apakah dari kedokteran telah mencoba keberhasilan tentang Tahitian Noni terhadap penderita glukoma seperti kakak saya, karena saya ingin sekali melihat kakak saya sembuh dari glukoma yg sudah membutakan kedua matanya,tolong penjelasan dokter.. terima kasih

bintik hitam seperti laba2 bisa disembuhkan atau tidak dok
written by nur, July 25, 2009
dok saya mau nanya, umur saya 22 tahun, mata saya yang kiri minus 2 dan kanan minus 4 saya pengguna soft lens tapi beberapa bulan ini saya melihat ada bayangan hitam yang mengikuti pergerakan mata saya seperti sarang laba2 dan tidak banyak tapi hanya mata sebelah kiri saya aja dok, tapi saya tidak merasa pusing atau mual2 dok, apakah ini termasuh glukoma dok, dan saya mau menanyakan apakah bintik hitam seperti sarang laba-laba itu bisa disembuhkan dok?

apakah saya glaukoma?
written by simaremare, July 30, 2009
Dok, sejak dua tahun lalu saya mengalami pandangan berkabut, sakit kepala sebelah dan melihat lingkaran pelangi ketika melihat lampu di malam hari. hingga saat ini saya sudah periksa mata saya TIGA kali di tiga rumah sakit dengan TIGA dokter spesialis mata yang berbeda dengan selisih pemeriksaan enam bulan, namun kata mereka mata saya baik-baik saja, hanya kelelahan. ketiga dokter tersebut hanya memberikan vitamin mata, ketiganya berbeda (saya lupa nama vitaminnya). kondisi mata saya sekarang memburuk, mata kiri saya bahkan tidak dapat membedakan gelap-terang, saya binggung, apa yang sebaiknya saya lakukan sekarang?
satu lagi dok, apakah kekurangan pada mata kiri tersebut dapat memengaruhi mata kanan?
atau sebenarnya mereka bekerja sendiri-sendiri dan tidak terkait? karena saya merasa mata kanan saya sangat sehat dan tidak mengalami gejala aneh apapun. bahkan tanpa kaca mata meski setiap hari berkutat dengan komputer. saya mohon bantuan saran misalnya mengkonsumsi buah apa atau sayuran apa yang dapat membantu menjaga mata kanan saya agar tetap dalam kondisi baik.
trims.

mohon pencerahannya dok, terima kasih.
...
written by thomas, August 05, 2009
apa ada ada orang yg sembuh dari gejala glaukoma.....?? tq... smilies/wink.gif

sakit saraf mata mendadak
written by Erina, August 08, 2009
Saya Erina, baru akan berumur 12 tahun. Saya ingin minta tolong kepada dokter atau bapak2 ibu2 yang punya pengalaman seperti saya. Saya kadang2 sepulang sekolah atau masih di sekolah (menjelang pulang sekolah)kira2 pukul 11 siang, tiba2 pandangan mata saya agak kabur. Biasanya setelah itu terasa pusing yang saangat saakit. Rasanya seperti di tusuk-tusuk jarum. Saya sakit sudah empat kali (sekitar itu). Pertama kali sakit waktu kelas lima, umur 10thn. Waktu itu saya sudah memakai kacamata minus5. Saya sudah pergi ke 3 dokter mata, 1 di Kediri, 2 di Surabaya. Yang dua menjawab kalau mata saya kelelahan, yang satu menjawab tekanan mata saya tinggi (tapi tidak diberi tahu berapa). Terakhir saya sakit Jum'at, 31 Juli 2009(Baru sakit minggu lalu). saya sekarang minus 6(kanan), 6.5(kiri).
Mohon bantuannya. Terima kasih.

Glaukoma
written by titin, August 19, 2009
Dear Dr,
ibu saya 70th mengalami kebutaan setahun yang lalu setelah terkena penyakit glaukoma dan saya sudah periksa setahun yang lalu karena dokter ibu saya menganjurkan semua anaknya periksa tapi saya 46th tidak terkena glaukoma pertanyaan saya,

1)Setelah ibu saya buta apakah masih ada kemungkinan untuk operasi ??
2)sudah beberapa bulan mata saya sering gatal dan saya hanya memakai obat tetes mata untuk gatal apakah saya mulai terkena glaukoma atau hanya infeksi biasa??
terima kasih atas jawabannya.

apakah akibat pemakaian narkotik?
written by hadyan, August 20, 2009
Dok,saya mau tanya.
1.apakah bila sebelum nya tidak terkena glukoma,gara2 memakai narkotika dapat menimbulkan glukoma?
2.apa cir-ciri fisik yang dapat dilihat langsung apabila sudah terkena glukoma?

terima kasih.....

Glaukoma krna kecelakaan
written by Novy, September 09, 2009
Selamat sore Dok.
Nama saya Novy, umur 21 tahun.
Saya mengalami kecelakaan, yg mengenai saraf mata. Sy kehilangan penglihatan sebelah kanan. Sy sdh divonis dokter di slh satu Rumah Sakit di Jakarta, bhwa sy tdk bs melihat normal lg. Sy sdh trima kenyataan melihat dgn 1 mata tp permasalahannya kini mata kanan sy merah sekali, saraf-sarafnya amat sgt terlihat jelas dan ini yg membuat sy malu. Kira2 pengobatan sprti apa yg hrs sy jlni? Tolong bantu sy dok, sy sdh menemui jln buntu utk berobat. Tks
...
written by henry, September 29, 2009
saya mau tanya, sedari remaja, saya pernah mengalami gejala seprti glaukoma sudut tertutup, ada warna-warni di mata saya dan saya tidak bisa melihat dengan baik disertai dengan sakit pada bola mata yang membuat saya sampai terkadang bisa mual dan muntah, sakit pada bola mata terjadi setelah warna-warni tersebut hilang...apa yang harus saya lakukan dan apakah ini benar adalah glaukoma? terima kasih

operasi glaukoma
written by ahmad, October 01, 2009
Saya punya kakak ipar yang telah divonis oleh dokter glaukoma.apakah ada program operasi gratis atau ada bantuan seperti halnya katarak?

Katarak & Glaukoma
written by akbar, October 07, 2009
Saya mau tanya dok... Nenek saya awalnya didiagnosa katarak, tp setelah beberapa bulan kemudian didiagnosa glaukoma. Saya jadi bingung sebenarnya katarak bisa menyebabkan glaukoma atau tidak? kenapa bisa terjadi seperti itu?

Terima Kasih

Mohon penjelasan
written by impun, October 08, 2009
ibu saya menderita glokoma,telah dioperasi mata kiri 6 kali dan mata kanan 7 kali ternyata semua operasi tidak ada yang berhasil dan sekarang ibu saya sudah tidak bisa melihat sama sekali baik itu mata kiri atau mata kanan, di keluarga ibu saya 3 saudara perempuan ibu saya menderita glokoma semua dan mereka tdak ada yang mau operasi ternyata mereka masih bisa melihat sampai sekarang, yang ingin saya tanyakan:
1. kenapa ke 3 saudara ibu semua kena glokoma, sifat pembawa yang bagaimana yang dikatakan bisa glokoma itu menurun( mbah buyut kami juga Ibunya eyang juga tidak bisa melihat)
2. usia saya 40 thn, mata dan kelopak mata saya juga sering merah kadang 4 sampai 8 hari mata saya merah, dan pernah saya periksakan mata 2 kali syaraf mata saya bagus semua kata dokter,apakah mata merah dan kelopak mata yag berkepanjanggan merupakan ciri-ciri glokoma.
3. bagai mana cara memutuskan penyakit glokoma itu
4. dan bagai mana cara pencegahan glokoma tersebut, karena kita tidak mengetahui ciri-ciri tersebut.
5.apakah mata minus bisa juga terkena glokoma
Terimakasih atas jawabannya semoga apa diberikan menjadi pengetahuan kami

Diagnosa Glaucoma pada anak saya
written by Anthony Malem Ukur, October 13, 2009
Selamat Pagi Dok;

Anak saya berumur 7 hn 3 bulan, sekarang sekolah kelas 2 SD.
beberapa kebiasaan yg ada pada dia adalah menonton TV,suka minum minuman soda ( Coca cola dll), kurang suka sayuran, tidur dengan lampu mati.
Bulan Dec 2008 kami memeriksakan ke salah satu rumah sakit mata, dan di diagnosa terkena glaukoma dengan hasil test penglihatan yg kurang maximal di kerena kan usia anak yg masih muda sehingga ada kesulitan untuk melakukan test penglihatan sudut pandang, saat itu telah di berikan pengobatan.
Seminggu yg lalu kami kembali membawa anak kami tersebut ke Dokter mata (di sebabkan gejala sama seperti sebelum Dec 2008 yaitu dia sering ketakutan kerena melihat sesuatu itu menjauh dari pandangannya mis : dia melihat kami jauh padahal kami lagi menggendong dia, kadang dia melihat sesuatu itu tiba2 menjadi tinggi sehingga ini semua membuat dia ketakutan) dan hasil pengukuran tekanan bola matanya adalah : sebelah kiri = 27 dan sebelah kanan = normal.
Terapi awal dokter memberi obat :
Betoxtima : 2 x 1
Cenfresh : 4 x 2
LanaVision : 1 x 1

Mohon petunjuk dan saran serta cara pencegahan awal untuk akibat yg vatal.

Dengan tidak mengurangi rasa hormat,Mohon petunjuk dan saran serta cara pencegahan awal untuk akibat yg vatal, informasi bukan sebagai pembanding namun hanya untuk menambah pengetahuan saya untuk bisa menyelamatkan penglihatan mata anak kami.

Trimakasih atas waktu yg dokter berikan.
Anthony M U HP 0815 3611 2442 , 081373829026.

...
written by gunawan, October 20, 2009
Bu dokter,saya mau nanya ibu saya tiba-tiba matanya tidak dapat melihat,yang satunya memang udah rusak,dan satu nya lagi tiba-tiba hilang penglihatan,setelah dioperasi oleh dokter di medan eye center juga tidak dpt melihat,bahkan udah kekuala lumpur,kadang-kadang masih ada bayangan yang dapat dilihat,kadang hilang sama sekali,boleh dikatakan porsi melihat kabur hanya sesaat saja,sewaktu dimalaysia di MRI katanya terkena gejala glaukoma,apakah masih ada harapan dokter,mengingat sudah begitu banyak usaha namun tidak ada yang berhasil,sewaktu dimalaysia kata dokter di ISEC katanya syarafnya udah rusak,adakah harapan lagi dokter,boleh minta tolong dijawab dokter,atas jawabannya diucapkan banyak terima kasih,dan jika ada harapan kami akan ke RS mata dr.YAP.tq

di diagnosa glukoma
written by devy deliana, November 07, 2009
salam dok, saya berumur 21 tahun, akhir-akhir ini saya mengalami pusing dan mual apabila berkendaraan. dan saya putuskan ke dokter mata, setelah diperiksa mata saya normal semua, tetapi tekanan mata saya besar , saya di diagnosa glukoma, apakah masih bisa disembuhkan, karena penglihatan saya masih normal. lalu apakah bisa langsung di diagnosa langsung tanpa pemeriksaan lab,dok.

glukoma
written by thiwie , November 14, 2009
salam dok. dok , saya berumur 18th , dan saya divonis dokter menderita glukoma dan setelah mengetahui ciri2nya sy termasuk glkoma akut. dok , mata kiri saya sudah tidak bisa melihat dan yg kanan jg mulai tak bisa. mata sy minus dan silindris 1 tp sy merasa tdk ada gunanya lg memakai kacamat krn meamkai ataupun tdk tetap sy tak bs melihat apa lg jk ada cahaya , sy sama sekali tak bs melihat apa pun. trus kpala dan mata sy pun sangat sakit sekali dok dan jk saya paksakan membaca , mata sy terasa sakit skali dan semakin buram sj pandangan sy. dok , apakah glukoma memang seperti itu , maksud sy jk sy membaca atau menulis akan terasa pusing? dan sy pun tak bisa membaca dlm jarak dekat, apakah itu termasuk glukma dok? dok , kira2 solusi apa yg bisa dokter berikan utk sy? lalu sy mendengar bahwa susu kedelai madu bs menyembuhkan glukoma dok, apakah itu benar? mhn bantuannya ya dok soalnya saya benar2 tersiks dan sy jd tak bisa belajar sedangkan sy baru masuk kuliah , makasih dok.

Ibu saya Sudah tidak bisa melihat sebelah
written by Eko Nokia, December 03, 2009
Dok, ada yang ingin saya tanyakan Ibu saya sudah buta sebelah, dan sudah berjalan hampir 3 minggu (beliau baru memberitahukan beberapa hari yang lalu) dan saya sudah mengunjungi RS Mata di Aini dan Pasarebo, yang ingin saya tanyakan apa bisa mengembalikan setidaknya 15% atau 20% dari penglihatan Ibu saya dan mohon di berikan info mengenai lokasi pengobatan yang menurut dokter baik ..saya sangat membutuhkan infonya Dok..terima kasih
...
written by may, December 05, 2009
slmt sore dokter,nama saya may umur 22 tahun, kuliah di jogja.

saya baru saja periksa mata krn sdh seminggu ini mata saya sakit,pusing,dan berasa amat lelah. dr diagnosa dokter di panti rapih, saya ada indikasi glaukoma kronis krn cairan bola mata berlebih dan syaraf di blkg bola mata lbh cekung. saya di rujuk ke dokter hartono di RS YAP utk periksa lapang pandang utk minggu depan.

usia saja msh relatif muda dok dan setau saya tdk ada hereditas glaukoma di keluarga saya. apa yg menyebabkan saya bs terkena penyakit ini? dan apa langkah yg saya lakukan utk periksa lapang pandang sdh tepat utk mengetahui lbh jauh ttg keadaan mata saya?
trm kasih sblmnya, tlg di bls secepatnya krn saya amat membutuhkan info ttg ini

bola mata sedikit keluar/membesar daripada normal
written by Rusli, December 10, 2009
dokter yang terhormat,
saya sudah 2 bulan terakhir ini mengalami gangguan pada mata,dimana kondisi pada salah satu bola mata saya lebih besar daripada bola mata yang lainnya.
saya sudah periksa ke beberapa dokter,a.l: mata,saraf dan THT. karena belum ada kejelasan,akhirnya saya melakukan MRI untuk hasil yg lebih akurat. Namun, dokter mata yang melayani saya belum juga memberikan jawaban yang pasti atas gangguan mata yang saya alami. gejala yg saya alami adalah:
kepala sering migran, mata kesat, bola mata agak keluar/membesar. saat ini saya mengkonsumi Lameson 16mg selama 2 minggu.

mohon kiranya anda bisa membantu memberikan penjelasan atau saran sebaiknya yang dapat saya lakukan dan untuk saya dapat sembuh dari penyakit ini.

semoga Tuhan membalas budi dan kebaikan anda.


Rgds,
Rusli
Operasi Glaukoma
written by hany prahesty, December 23, 2009
Dokter, ibu saya didiagnosa menderita Glaukoma akut di mata sebelah kanan dan diminta segera untuk operasi. Pertanyaan saya,

1. Apakah akan ada efek samping setelah operasi ?
2. Apakah benar? setelah operasi pembuatan saluran baru utk cairan humor aquos, maka akan timbul katarak ? dan perlu dioperasi kembali ?
3. Ada yg mengatakan jika sakit glaukoma, tidak boleh terkena sinar matahari, apakah benar?
4. Dan jika setelah operasi tidak menjamin penglihatan bisa membaik? apakah justru sebaliknnya ?

Terima Kasih
Mohon dibalas secepatnya


Maaf, Anda tidak bisa konsultasi di sini. Kalau mau konsultasi dengan dokter spesialis mata, silakan klik di sini. Lihat bagian paling bawah


7 comments:

  1. aku tertarik dengan tetes mata radix vitae, cuma informasinya kok ga lengkap, gimana cara pesannya?, ada berapa kemasan? berapa harganya?
    dan lain-lain yang mungkin bisa selengkap mungkin informasinya, sebab ini kan masalh mata, sangat vital

    ReplyDelete
  2. Saya menderita mata minus 3,5 (kiri) dan 3,75 (kanan) serta silindris 1.

    Saya juga sudah mencoba obat tetes mata Radix Vitae selama kurang lebih 2 bulan (habis 1 botol), tapi terus terang saya sangat kecewa krn hingga saat ini sama sekali tidak ada perkembangan dari pemakaian obat tsb.

    Mohon tanggapannya mengingat Radix Vitae bukan obat tetes mata yg harganya murah.
    Thanks..

    ReplyDelete
  3. ryme burhana utamyApril 5, 2010 at 2:55 PM

    kalo mau pesan obatnya gmna?

    ReplyDelete
  4. apakah benar dengan obat ini mata minus bisa kmbali normal?????????

    ReplyDelete
  5. Anita
    saya mau tanya kalau untuk usia 13 tahun diperbolehkan untuk menggunakan obat tetes mata radix vitae tidak ??? Karena mata saya minus !!!

    ReplyDelete
  6. jika sdh besar harapan u bs sembuh ternyata .. radix tak bs menyembuhkan jg bgnmn? celaka dong..hrgnya kan jg g murah

    ReplyDelete
  7. Waaah klo posting yg bner2 ada bukti gan kasian udh harga mahal reaksi tetep nihil

    ReplyDelete